10 Langkah Tepat Untuk Menjadi Penulis Profesional Dan Handal

Bagaimana menjadi penulis profesional alias seorang writerpreneur sukses? Artikel ini mencoba mengupas rahasia besar itu.

Tip Menulis buku biografi  dan menjadi penulis profesional
Tip Menulis buku biografi dan menjadi penulis profesional

Menjadi Penulis Profesional tentunya bukanlah hal mudah yang bisa Anda lakukan begitu saja. Sama halnya dengan profesi lainnya, untuk meraih kesuksesan dengan pekerjaan yang disukai tentunya membutuhkan komitmen tinggi. Selain itu, Anda pun diwajibkan untuk mengasah kemampuan menulis setiap saat, sehingga kemampuan Anda pun dapat meningkat dengan lebih baik. Bagi anda yang ingin menjadi seorang penulis profesional, berikut ini penulis sajikan beberapa tangkah tepat untuk menjadi penulis yang handal dan professional, di antaranya.

  1. Menghindari dan menghilangkan beragam bentuk gangguan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menulis adalah menjaga tingkat fokus yang Anda miliki. Karena itulah pastikan untuk menghindari beragam hal atau bahkan benda yang dapat mengalihkan perhatian serta merusak konsentrasi yang Anda miliki. Selain itu, pastikan pula untuk membuat kondisi senyaman mungkin, sehingga Anda pun dapat menulis dengan lebih tenang.

  1. Tulis informasi yang Anda ketahui

Sebagai latihan dasar Anda dapat menulis beragam informasi menarik yang tengah menjadi trending topic atau pun menjadi hal yang familiar pada saat tertentu. Namun jika hal tersebut tidak Anda kuasai, maka Anda pun dapat menggunakan topik lainnya yang sudah pasti Anda kuasai. Karena dengan menulis apa yang sudah Anda ketahui tentunya akan lebih memudahkan jari-jemari untuk bergerak dan membentuk tulisan.

  1. Memastikan target pembaca

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memastikan siapa kiranya yang akan menjadi target pembaca dari tulisan tersebut. Penentuan sosok dari target pembaca menjadi bagian penting, karena dapat membantu Anda untuk memposisikan tulisan dengan lebih tepat sehingga membuat para pembaca merasa nyaman saat membaca tulisan tersebut.

  1. Mencurahkan isi kepala

Dalam latihan menulis Anda dapat membuat draft tulisan, kemudian curahkanlah seluruh isi dari kepala Anda yang berkaitan dengan draft dari tulisan itu tadi.

  1. Menulis dalam sekali tarikan nafas

Selain mencurahkan isi kepala yang Anda miliki, cobalah untuk menulis dalam satu kali tarikan nafas. Selain membantu Anda dalam merangkai kata-kata secara spontan, hal ini juga lebih memudahkan proses penulisan dengan lebih cepat.

  1. Pastikan untuk menyelesaikan tulisan

Penyakit yang seringkali menghampiri para penulis, utamanya mereka yang masih pemula adalah rasa malas dalam menyelesaikan tulisan yang dimilikinya. Hal inilah yang menghambat perkembangan dari kemampuan menulis yang Anda miliki. Untuk itu pastikanlah untuk selalu menyelesaikan tulisan yang anda buat.

  1. Menjauh sejenak

Dalam kondisi tertentu, cobalah untuk mengistirahatkan pikiran Anda sejenak, hal ini dapat dilakukan dengan cara berhenti menulis dan melakukan aktivitas lainnya terlebih dahulu, sebelum kemudian melanjutkan tulisan itu kembali.

  1. Melakukan editing

Jika tulisan yang Anda buat telah selesai, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah proses editing. Dalam melakukan kegiatan yang satu ini, Anda dapat mencatat hal-hal apa saja kiranya yang patut untuk anda perbaiki, sehingga dapat menjadikan tulisan yang anda buat lebih bagus dan bermutu.

  1. Tulis ulang

Dalam menyempurnakan tulisan yang telah anda buat dan edit di bagian atas tadi, tidak ada salahnya untuk melakukan penulisan ulang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti kaidah serta tata cara penulisan yang tepat. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, cobalah untuk mengikuti alur dari logika penulisan, sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah.

  1. Meminta masukan dan saran

Apabila telah selesai, maka cobalah untuk memberikan tulisan Anda tersebut pada orang yang anda percaya dan tentunya bisa memberikan saran atau pun masukkan untuk perkembangan kemampuan menulis Anda dengan lebih baik. Dalam hal ini anda juga dapat menemukan sudut pandang dari pihak pembaca yang tentunya tidak bisa anda temukan dengan cara membacanya seorang diri.

Selain beberapa langkah tepat Menjadi Penulis Profesional yang dapat Anda ikuti di bagian atas tadi, pastikan pula untuk selalu membaca beragam buku lainnya termasuk informasi dari media massa atau pun jaringan online. Karena dengan membaca hal-hal yang baru maka pengetahuan Anda pun akan meningkat, dan memberikan anda pengetahuan baru termasuk penguasaan kosa kata serta istilah-istilah dengan lebih banyak.

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *