5 Penulis Biografi Dunia yang Berpengaruh dalam Sejarah

Profesi penulis biografi atau biographer di Indonesia memang belum sepopuler novelis atau penulis buku motivasi. Akan tetapi, profesi penyedia jasa penulisan biografi tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. Manakala merampungkan tulisannya, biographer kadang harus melakukan riset mendalam yang membutuhkan biaya tinggi. Sang tokoh yang dipilih atau memilihnya pun tak jarang menjadi hambatan sendiri.

foto: pixabay.com

Selain itu, biographer merupakan salah satu profesi yang sudah eksis selama puluhan hingga ratusan tahun. Jadi, jangan dikira hanya belakangan ini penyedia jasa penulisan biografi marak. Berikut ini lima nama penulis biografi kelas dunia yang namanya dikenang berkat karya-karyanya.

  1. Jean-Paul Sartre

Dikenal dengan nama lengkap Jean-Paul Charles Aymard Sartre, dia adalah penulis biografi yang berasal dari Perancis. Sartre juga berprofesi sebagai novelis, filsuf, penggiat teater, aktivis politik, hingga kritikus sastra. Namanya merupakan salah satu tokoh kunci dalam bidang eksistensialisme dan fenomologi serta tokoh utama dunia filosofi dan Marxisme di Perancis pada abad ke-20.

Karya-karya Sartre—termasuk biografi yang disusunnya—memberikan pengaruh besar terhadap aspek sosiologi, teori kritik, teori pasca-kolonial, kesusastraan, dan disiplin ilmu lainnya. Sastre juga mempunyai hubungan khusus dengan penggagas teori feminis ternama Simone de Beauvoir.

  1. Samuel Johnson

Penulis buku biografi selanjutnya adalah Samuel Johnson atau Dr. Johnson. Penulis berkebangsaan Inggris ini mempunyai reputasi dalam dunia sastra sebagai penyair, esais, pakar moralitas, editor, dan leksikograf. Tak hanya itu, sejarah mencatat Johnson sebagai pengikut setia Anglikan yang sampai sekarang masih diakui sebagai ‘the most distinguished man of letters’ di negara Ratu Elizabeth II tersebut.

Johnson lahir di Lichfield, Staffordshire. Dia sempat menuntut ilmu di Pembroke College, Oxford, tetapi berhenti di tengah jalan karena keterbatasan biaya. Untuk menyambung hidup, dia bekerja sebagai guru sebelum akhirnya pindah ke London.

  1. George F. Kennan

Seperti para penulis biografi sebelumnya, Kennan juga menyandang status lain yang sangat prestisius. George F. Kennan merupakan penasihat, diplomat, dan sejarawan berkebangsaan Amerika. Salah satu profesi lain yang paling dikenal dari dirinya adalah advokat yang mengurus kebijakan penahanan dalam ekspansi ke Soviet (sekarang Rusia) pada akhir Perang Dunia II.

Setelah mundur dari profesi advokat, Kennan memutuskan untuk mengajar dan menulis berbagai karya ilmiah yang membahas hubungan Soviet dengan Amerika Serikat pada saat itu. Selain itu, Keenan juga merupakan anggota tetua pengurus kebijakan asing bernama The Wise Men.

  1. Peter Ackroyd

Peter Ackroyd, CBE, FRSL adalah penyedia jasa penulisan biografi berkebangsaan Inggris yang juga berprofesi sebagai novelis dan kritikus. Dia sangat menyukai pembahasan seputar sejarah dan budaya London. Beberapa tokoh ternama yang biografinya ditulis Ackroyd mencakup William Blake, Charles Dickens, T. S. Eliot, dan Sir Thomas More.

Berkat karya-karyanya, Ackroyd mendapatkan penghargaan Magham Award dan dua Whitebread Award. Biographer ini pun terpilih ke Royal Society for Literature pada 1984 dan ditunjuk jadi Commander of the Order of the British Empire pada 2003.

  1. Mary Shelley

Penggemar novel-novel goth klasik pastinya mengenal nama biographer ini. Mary Shelley merupakan novelis, penulis cerita pendek, penggiat drama, esais, dan penulis perjalanan asal Inggris. Karyanya yang paling dikenal dunia adalah Frankenstein atau The Modern Prometheus. Shelley juga menjadi editor dari suaminya, penyair dan filsuf Percy Bysshe Shelley.

Ayah Shelley merupakan filsuf politik William Godwin, sementara ibunya adalah filsuf dan feminis Mary Wollstonecraft. Latar belakang keluarga cukup mempengaruhi Shelley untuk berkarya melalui tulisan—baik yang sifatnya fiksi seperti novel maupun non-fiksi seperti biografi.

Bagaimana dengan Indonesia? Biographer profesional di Tanah Air masih bisa dihitung dengan jari, tetapi karya-karya mereka telah berhasil menarik sejumlah tokoh penting untuk dibuatkan biografi. Salah satu nama yang akan muncul dalam bursa biographer terkenal di Indonesia adalah Alberthiene Endah yang sudah menulis biografi untuk Krisdayanti, Merry Riana, Anne Avantie, serta Presiden Joko Widodo. Ada pula Tamara Geraldine yang sempat merampungkan biografi untuk penyanyi Yuni Shara.

Demikian informasi seputar biographer ternama kelas dunia. Mudah-mudahan nama-nama di atas dapat menambah wawasan hingga memotivasi Anda untuk menjadi penulis biografi populer selanjutnya.

Tim Ghostwriter Indonesia sudah berpengalaman memberikan jasa penulisan biografi. Silakan kontak kami di WA 0815-990-4562

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *