Adakah Jasa Ghostwriter Buku Biografi?

Cara menulis buku biografi mudah ditemukan di internet, bahkan di Youtube. Anda dapat menyimaknya melalui video. Bahkan saya pun pernah posting video cara mudah menulis biografi.

Tonton cara mudah menulis biografi di tayangan ini.

Tapi tunggu dulu, menulis buku biografi tak sekadar teknik menyusun kata, mengurutkan kejadian, merekonstruksi dialog, menelusuri setting waktu dan tempat kan?

Yap!

Menulis buku biografi apalagi otobiografi punya masalah nonteknis, yakni proses “membuka” ingatan di masa lalu. Proses ini seringkali gagal dilakukan oleh si pelaku. Bisa jadi karena dia memang lupa. Atau, secara psikologis dia telah menutup rapat-rapat peristiwa itu karena berbagai alasan.

Peristiwa masa lalu yang banyak ditutup oleh narasumber buku biografi adalah kisah sedih, kisah menyakitkan, kisah dikhianati, kisah diskriminatif, atau kisah-kisah tabu yang dialami oleh si narasumber. Bila ini yang terjadi, maka proses menulis buku biografi menjadi tersendat. Alih-alih kisahnya menarik justru menjadi jumping, ada missing link, dan janggal.

Kalau merujuk pada video panduan cara menulis buku biografi di atas, maka kisah hidup seseorang yang layak dibukukan semestinya memuat tiga hal utama berikut ini.

Pertama, titik balik. Ini adalah satu kejadian besar dan (mungkin) luar biasa sehingga si tokoh mengalami perubahan hidup, perubahan pola pikir, atau penerimaan diri secara ekstrim.

Kedua, masa-masa sebelum titik balik. Ini adalah kondisi yang ada dan dialami oleh si sosok sebelum ia mengalami titik balik. Mungkin dia dulu kaya. Atau sebaliknya, dulu dia sengsara. Mungkin dia bahagia sebelum mengalami titik balik. Atau, dulu dia atlet penuh prestasi yang dipuja-puji.

Ketiga, masa-masa setelah si sosok mengalami titik balik. Nah, bagian ini mengisahkan drama-drama perubahan hidup setelah tokoh ini mengalami titik balik. Jika dulu dia sehat kemudian terkena kanker rahim yang ganas, apa yang terjadi setelah itu? Atau, jika dulu dia adalah pensiunan yang hidup susah, lantas mengalami titik balik dengan bergabung di MLM, kejadian apa yang terjadi setelah titik balik itu? Ada lagi contoh, istri dulu setia, kemudian tergoda pria lain sehingga suami marah sampai akhirnya bisa menerima jalan hidup itu. Kisahkan apa yang terjadi pada suami setelah dia bisa menerima peristiwa itu?

Itulah tiga penggal kisah hidup yang harus diungkap. Jika kisah itu terlalu menyedihkan, maka … perlu hadir pihak kedua yang secara profesional mampu mengungkap kisah-kisah itu. Peran jasa ghostwriter menjadi penting di sini.

Jasa ghostwriter buku biografi menjadi solusi agar kisah-kisah inspiratif itu bisa sampai ke pembaca. Seorang ghostwriter memiliki tiga jurus maut yang sudah dia kuasai secara mendalam, yaitu jurus melakukan wawancara, jurus menulis, dan jurus mengemas kisah. Tiga hal itu yang menjadikan sebuah kisah hidup menjadi menarik saat disajikan dalam format buku biografi.

Tokoh-tokoh publik, militer, dan pebisnis telah memanfaatkan jasa ghostwriter buku biografi di Indonesia. Dalam beberapa kasus, nama si ghostwriter muncul sebagai penulis. Maka, proses ini bukan lagi proses ghostwriting. Tapi itu tidak masalah. Sebab antara si pemberi jasa ghostwriter buku biografi dengan si narasumber telah membuat deal kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Jadi, saatnya calling ghostwriter buku biografi jika Anda tak sabar untuk membukukan kisah inspiratif Anda atau anggota keluarga Anda!

Ghostwriter Indonesia: 0816-700-257

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *