Ahok Sudah Hampir Khatam

Hari ini, teman-teman penulis #KamiAhok sebanyak 10 orang main ke “kos” Ahok. Seperti biasa, banyak kisah seru dipanen teman-teman saya itu. Satu hal biasa tapi berkesan adalah pengakuan Ahok kalau selama di dalam penjara, dia sudah mengkhatamkan Al-Quran terjemahan Kementerian Agama. Ia fasih menjelaskan urutan surat dalam al-Quran.
Dasar Ahok!

Di bawah ini saya posting tulisan dua kawan baik saya sesama penulis buku #KamiAhok, yakni Mas Harry dan Gus Mis. Siapa keduanya? Baca deh profilnya di buku #KamiAhok ya. Tulisan-tulisan ini saya posting seizin mereka pastinya.

[beli buku #KamiAhok di sini: BELI BUKU #KAMIAHOK] Continue reading “Ahok Sudah Hampir Khatam”

Cara Menulis Biografi Tokoh

Menulis biografi seolah pekerjaan penulis senior. Apakah memang sesulit itu untuk menulis buku biografi. Jawabannya antara ya dan tidak.

Pengalaman saya selama menulis buku biografi memastikan memang ada kompetensi khusus yang wajib dimiliki oleh seorang penulis yang niat jadi penulis biografi. Diantaranya adalah:

Penulis biografi adalah periset ulung. Jika untuk menulis naskah nonfiksi “biasa” saya butuh minimal melahap lima buku maka riset sebuah naskah buku biografi bisa lima kali lipat bahkan lebih. Riset juga tak sebatas buku tetapi juga kliping berita koran, Googling, foto-foto, dan masih banyak lagi.

Penulis biografi adalah AC/DC alias penulis fiksi dan nonfiksi. Naskah biografi jelas-jelas nonfiksi. Ia akurat, dapat dilacak kebenarannya, didukung dengan data dan telaah yang sahih. Di dalamnya tak boleh ada kisah rekaan. Namun begitu, menulis buku biografi juga butuh seni bertutur yang memikat layaknya seorang novelis. Fakta lokasi dan fakta waktu dapat dikisahkan dengan penuh emosi dan daya pikat yang lekat. Penokohan dibangun dengan detail berdasarkan riset. Penulis biografi juga mampu merajut konflik-konflik faktual dengan demikian menggemaskan. Tanpa itu, ia sekadar perangkai kehidupan tokoh tanpa nyawa. Continue reading “Cara Menulis Biografi Tokoh”

Bagaimana Cara Menulis Flash Fiction Pentigraf?

Menulis flash fiction apalagi berjenis pentigraf apakah sulit? Hemm, saya sendiri lebih sering mengajar menulis flash fiction daripada praktik menulisnya, hahaha …. Maklum, sebagai seorang guru ekstrakurikulier jurnalistik saya dituntut untuk memberikan materi ajar yang asyik dalam tempo 1 jam saja seminggu sekali.

nah, pilihan menulis flash fiction pentigraf adalah solusi terbaik sejauh yang saya rasakan. Dan, anak-anak yang saya asuh–tahu nggak, saay ngajar anak sekolah dasar, lho, hahaha–happy banget bisa berproses menulis flash fiction dengan riang dan hati gembira.

Upss, pengantarnya kepanjangan ya. Kita samakan dulu deh pengertian kita soal flash fiction dan pentigraf. Continue reading “Bagaimana Cara Menulis Flash Fiction Pentigraf?”

Menyunting Naskah Fiksi

Pernah mendapat job menyunting naskah fiksi? Nah, tahukah kamu kalau menyunting naskah fiksi itu lebih sedikit kerjanya daripada menyunting naskah nonfiksi?

Benar lho. Mari kita cek struktur naskah nonfiksi terlebih dahulu. Di dalamnya biasanya ada struktur dan sistematika bab yang terdiri dari bab, subbab, bahkan sampai subsubbab. Naskah nonfiksi juga seringkali menyertakan tabel, rumus, bahkan diagram, dan statistik. Tak cuma itu, naskah nonfiksi juga ada foto dengan caption bernomor urut, ditambah daftar pustaka, indeks, dan testimoni.

Lumayan banyak hal yang harus dicermati saat harus menyunting naskah nonfiksi!

Lain hal saat kamu dapat job menyunting naskah fiksi. Di sana tak ada struktur bab, kamu juga tak perlu ribet mengecek isi tabel, mengurutkan nomor caption gambar, tabel, maupun diagram. Daftar pustaka pun tak ada sehingga kamu tak harus pusing mengecek daftar rujukan ini dan itu.

Jadi apa pekerjaan penyunting naskah fiksi? Ia hanya perlu menyediakan waktu untuk memikirkan apakah kalimat benar atau tidak, serta apakah kalimat mudah dipahami atau tidak. Dalam level penyuntingan naskah fiksi yang lebih dalam, penyunting kadang diminta untuk mengecek konsistensi dan daya pikat cerita.

Simpel ya? Iya. Cuma, biasanya penyunting naskah fiksi adalah penyuka bacaan fiksi juga. Ia perlu punya taste dan naluri untuk membesut naskah lebih baik lagi. Sedangkan penyunting naskah nonfiksi terkadang tak harus seorang penyuka suatu tema. Ia bisa menyunting naskah kesehatan, bisnis, bahkan naskah rohani.

Jadi, kamu siap menjadi penyunting naskah fiksi? Banyak-banyaklah baca novel dan cerpen.

foto: pixabay.com

Mengatasi Macet Menulis Naskah

mengatasi macet writer's block
mengatasi macet menulis writer block
mengatasi macet menulis

Haloo … Siapa yang udah semangat nulis, udah menghabiskan banyak waktu untuk ngetik berhari-hari bahkan berminggu-minggu tapi naskahnya belum tuntas juga?

Pasti ada masalah, kan? Ya … Nulis itu kadang butuh mood. Kadang butuh suasana tenang, kadang mendadak berhenti dan buntu karena banyak alasan, diantaranya:

  1. Mendadak dapat ide tulisan baru. Jadinya, ide tulisan lama tersingkir sementara waktu.
  2. Mendadak nggak suka nulis tema itu karena masuk ke topik yang tidak disukai atau tidak dikuasai
  3. Mendadak habis saja bahannya. Niat mau nulis 100 halaman tapi sudah tak ada bahan sampai di halaman 20
  4. Mendadak merasa tulisannya super garing, nggak ada rasanya.
  5. Mendadak nggak yakin ide tulisannya bakal dilirik penerbit
  6. dan masih buanyaaaak banget alasan yang membuat tulisan tiba-tiba susah dilanjutkan.

Nah, gagal menyelesaikan tulisan itu–ada yang menyebutnya writer’s block–seperti gagal membangun rumah. Analoginya kayak gitu. Proses pembangunan rumah sekadar mengandalkan semangat. Padahal banyak lho yang harus disiapkan untuk membuat sebuah rumah berdiri kokoh dan bagus. Apa aja itu dan kaitannya dengan naskah?

Pertama, sebuah rumah butuh desain detail. Kita sudah membangun rumah kalau semua cuma ada di angan-angan. Meski secara global sudah terbayang bakal punya berapa berapa kamar mandi dan berapa kamar tidur, tapi kamu susah untuk membayangkan kalau tidak didesain secara detail. Demikian pula dengan sebuah naskah buku. Pastikan kita sudah punya “desain isi buku”. Ini bukan sekadar deretan bab demi bab saja. Desain isi buku disebut juga dengan outline naskah.

Outline naskah adalah sebuah rincian detail atas isi sebuah naskah yang disusun sistematis dan detail. Outline naskah memang berisi judul bab dan subbab (ini dapat diubah nanti di akhir penulisan naskah) lengkap dengan deskripsi naratif mengenai isi setiap bagian itu.

Kedua, membangun rumah mesti berhitung jumlah semen, kayu, pasir, bata. Semua itu mesti disiapkan. Tidak harus sekaligus harus ada di awal. Bahan yang wajib ada pada saat mulai membangun rumah adalah batu fondasi dan semen. Demikian pula dengan proses menyusun naskah. Miliki dulu tema dan topik yang kuat. Tulis gede-gede tema dan topik itu di atas kertas dan pasang di samping laptop atau komputer Anda. Jangan dilepas sebelum naskah selesai tuntas.

Material lain seperti bata, kayu, kaca jendela, dan baja ringan serta genteng bisa disiapkan secara bertahap. Itu ibarat bahan bacaan dan referensi dalam proses menyusun buku. Anda dapat mulai baca dan cari penguat untuk topik yang sedang Anda susun. Kalau naskahnya berupa cerita fiksi, luangkan waktu untuk nonton film, sinetron, atau video-video yang memuat dialog-dialog cerdas dan pas. Kalau naskahnya adalah novel anak gaul, ya tonton film Amerika dan film Indonesia yang seumuran itu. Tangkap suasana, emosi, dan gaya gaulnya.

Ketiga, buat kepastian kapan rumah itu mau dituntaskan bikinnya. Mau setengah tahun atau dua bulan saja. Ini penting lho sebab urusan hidup ini bukan cuma bikin rumah doang. Anda sudah nggak sabar untuk bisa menikmati rumah itu kan? Nggak beda dengan membuat naskah buku. Mengatasi macet saat menulis  dapat diatasi dengan memastikan Anda bikin deadline sejak awal! Pokoknya pastikan Anda mau tuntas berapa minggu naskah itu. Mau sebulan menuntaskan naskah? Atau dua bulan? Tulis niat itu dan tempel juga di dekat komputer.

Keempat, siapkan cat dan aksesoris rumah yang buaguuus ya. Biar rumah yang sudah kita bangun tembok-temboknya makin keren dan nikmat untuk dihuni. Naskahnya juga ya … Siapkan cat yang indah. Ini adalah proses editing dan pengayaan naskah. Editing adalah mempercantik pembuatan kalimat, susunan paragraf, bahkan kalau perlu menambal bagian tulisan yang belum cukup mendalam. Sebuah naskah dapat dipercantik dengan menambahkan quote, text box, ilustrasi, infografis, dan foto Anda kalau merasa keren, hahaha…

Nah, tidak sulit kan untuk mengatasi macet saat nulis? Pokoknya tidak susah untuk menuntaskan naskah buku yang sedang Anda buat. Tapi kalau mau belajar cara menulis cepat, tersetruktur, tepat waktu dengan hasil tulisan keren standar penerbit nasional, boleh kok ikut mentoring online privat menuntaskan naskah saya. Nanti saya kasih tahu jurus-jurus saya sampai bisa bikin 40 buku selama karier dan masih nambah terus tiap bulannya.

Smart Business Map

Smart business map
Smart business map

FAKTANYA, permasalahan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah kurangnya “Pengetahuan Untuk Menjalankan Bisnis”.

Karena ada banyak orang yang memiliki modal bisnis yang besar, namun akhirnya gagal dalam menjalankan bisnisnya, karena mereka tidak/belum mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menjalankan bisnisnya.

Disisi lain, ada juga para pengusaha, walau tidak punya modal usaha sendiri, namun karena memiliki “Pengetahuan” dalam memulai dan menjalankan bisnis, serta “Pengetahuan” untuk mendapatkan modal, akhirnya mereka pun dapat menjalankan bisnis mereka, berkolaborasi dengan pemilik modal.

***

Mari belajar, dan membangun jaringan bisnis bersama di,

SMART BUSINESS MAP (SBM) WORKSHOP & COACHING, OIM PROINDONESIA 2017, WILAYAH SEMARANG

APA ITU SBM?

Smart Business Map (SBM) adalah sebuah tool, yang digunakan untuk mendiagnosa bisnis, sekaligus dapat digunakan untuk melakukan akselerasi bisnis.

Dengan menggunakan SBM, diharapkan para pengusaha dapat membangun bisnis yang kokoh, kuat, dan dapat terus berkembang semakin besar, dan berkesinambungan.

Selengkapnya klik >> http://bit.ly/apaitusbm

WAKTU DAN TEMPAT

Semarang 8 – 9 April 2017
Pukul 08.00 -17.00 WIB
Tempat: Hotel Noormans, Jl. Teuku Umar 27, Semarang

PENDAFTARAN/RESERVASI

– Untuk pendaftaran silakan mengisi formulir pendaftaran berikut ini »> http://bit.ly/daftarsbmworkshop

TERBUKA UNTUK UMUM, TEMPAT TERBATAS, 50 ORANG!!!

SIAPA SAJA YANG WAJIB IKUTAN?

Sangat dianjurkan bagi mereka yang sudah memiliki bisnis, dan ingin bisnisnya semakin bertumbuh dan berkembang.

INVESTASI

– Rp. 500.000 / orang

INFO LEBIH LANJUT

– Dani – 0877 2791 6160
– Kontak langsung via pesan Facebook di www.facebook.com/OIMproindonesia/messages

ORGANIZED BY : OIM proindonesia, Wilayah Semarang

SALAM NAIK KELAS- LEARN, SUCCESS, SHARE

Panduan Membuat Start Up dan Menjalankannya

Start me up ebong eka
Start me up ebong eka

Satu buku bagus ada di lemari perpustakaan saya.  Dulu saat membeli  buku itu saya pikir penulisnya orang Indonesia, tercantum nama bule Ebong Eka.  Eh ternyata dia orang Amrik hahaha…

Ebong Eka menulis buku apik dan praktis berjudul Start Me Up! dengan subjudul Temukan panduan memulai bisnis kecil dan menjalankannya.

Saya terpikat beli dan baca sampai tuntas buku Start Me Up!  ini karena si penulis telah menciptakan panduan yang bagus untukmencapai bisnis yang sukses.

Bagusnya di mana buku ini?

Dalam Start Me Up!  Anda akan belajar bagaimana untuk:

– Menghilangkan keraguan untuk memulai bisnis

– Menciptakan ide bisnis yang sederhana

– Fokus pada bisnis yang telah Anda jalankan

– Membuat pelanggan Anda membayar lebih tanpa harus kehilangan mereka.

– Memasarkan bisnis Anda dengan tepat dan efisien

– Menciptakan brand yang akan selalu diingat dan dekat dengan pelanggan Anda.

Menarik kan?  Menurut si penulis,  memulai start up yang sukses senantiasa membutuhkan pemahaman pentingnya Empat S: Struktur,  Strategi,  Sistem,  Sale.

Buku setebal 332 halaman ini layak Anda miliki jika serius ingin mendirikan start up saat ini juga.

Temukan buku ini di Toko Gramedia atau saya bantu belikan.  Hubungi saya melalui email anangyb@gmail.com 👍

 

Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Ragukan Jasa Penulis Freelance

kelas menulis online nonfiksi
kelas menulis online nonfiksi

Sebelum membicarakan penulis freelance, lebih baik kita mengerti dulu apa yang disebut dengan freelance. Freelance berarti bekerja lepas tanpa ikatan perusahaan atau orang lain dalam jangka waktu yang lama. Seorang freelancer bekerja per proyek dan menerima gaji per proyek pula.

Semakin lama, semakin banyak orang merasa jenuh bekerja di kantor. Banyak orang akhirnya memilih untuk mengundurkan diri dari kantor dan menjalani pekerjaan barunya sebagai seorang freelancer. Biasanya bidang pekerjaan yang diambil sesuai dengan keahlian mereka masing-masing.

Mengapa memilih menjadi seorang freelancer? Banyak keuntungan yang bisa didapat jika kita menjadi seorang freelancer. Berikut akan kami uraikan keuntungan menjadi seorang freelancer.

  1. Fleksibel

Tidak terikat kepada suatu perusahaan berarti menggunakan aturan sendiri dalam mengatur waktu. Seorang freelancer bisa menentukan sendiri kapan harus bekerja, istirahat, dan kemudian bekerja lagi. Dengan jadwal yang fleksisbel ini, seorang freelancer juga bisa bekerja sambil melakukan hal lain serperti olahraga misalnya.

  1. Bisa bekerja kepada banyak perusahaan atau orang sekaligus

Kecuali jika ada perjanjian untuk bekerja hanya kepada suatu perusahaan atau seseorang, seorang freelancer bebas ingin bekerja kepada siapa saja. Jika memang sanggup, seorang freelancer biasanya mengambil beberapa project dari pemberi pekerjaan yang berbeda. Selain memperbanyak pengalaman, memperbanyak penghasilan juga, bukan?

  1. Bekerja secara mandiri

Seorang freelancer dituntut untuk bisa mengatur semua hal yang berhubungan dengan pekerjaannya sendiri. Mulai dari promosi diri, mencari project, mendatangkan orang yang ingin memberinya pekerjaan, hingga bekerja dan menerima gaji. Semuanya harus dilakukan sendiri dengan cermat.

Salah satu bidang pekerjaan freelance yang paling diminati adalah bidang jurnalistik, salah satunya yakni menulis. Banyak orang menawarkan jasa penulis freelance di internet baik melalui web penyalur freelancer yang ramai pengunjung ataukah dengan cara promosi sendiri.

Banyak jenis tulisan yang biasa ditawarkan seorang penulis freelance. Ada yang menawarkan jenis tulisan yang paling mereka kuasai, ada pula yang mampu membuat tulisan jenis apapun. Menurutnya, rangkaian kata yang disusunnya tepat untuk segala jenis tulisan.

Adalah novel, karya ilmiah, artikel, esai, cerpen, puisi, konten blog, dan skripsi yang menjadi karya tulisan paling banyak ditawarkan oleh jasa penulis freelance. Semua ditawarkan dengan kisaran harga, waktu, dan kualitas yang berbeda. Tergantung seberapa profesional dan pengalaman mereka dalam menghadapi klien.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika meminta jasa penulis freelance. Dengan waktu mereka yang fleksibel, Anda bisa berkonsultasi lebih banyak tentang tulisan yang Anda ingin hasilkan. Akan ada banyak waktu untuk menjelaskan detail apa yang akan menjadi topik bahasan dalam tulisan tersebut.

Selain membayar jasa penulis freelance, Anda juga berhak mendapat ilmu dari penulis freelance. Biasanya mereka akan dengan rendah hati dan terbuka membagi ilmunya untuk Anda terapkan juga di kemudian hari. Sangat menguntungkan, bukan?

Tim kami, Ghostwriter, menjadi salah satu yang membuka jasa penulis freelance. Dengan berbagai keuntungan seperti yang sudah kami paparkan di atas, kami mampu dan siap menjadi bagian dari tulisan Anda, apa pun bentuknya. Tulisan fiksi seperti novel, cerpen, puisi? Atau tulisan non fiksi seperti karya ilmiah, konten blog, kisah memoar? Kami siap membuatkannya untuk Anda.

Bagi kami, kepuasan klien yang utama. Maka, semua akan dimulai dengan diskusi mengenai tulisan seperti apa yang Anda inginkan. Barulah ditentukan titik deal antara Anda dengan tim kami sebagai jasa penulis freelance, terutama masalah tarif dan waktu pengerjaan. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

 

Jangan ragu untuk bertanya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut.

Ghostwriter bisa dihubungi melalui WA atau SMS di 0816-700-257 atau melalui email anangyb@ghostwriterindonesia.com

 

 

 

 

Pahami Makna Menulis Sebelum Menggunakan Jasa Penulis Indonesia

 

Menulis merupakan suatu hal yang mulia. Bagaimana tidak? Ketika menulis, berarti terjadi suatu perpindahan informasi dari penulis kepada pembaca. Penulis berharap pembaca memahami apa yang dimaksud oleh penulis. Pembaca berharap apa yang dia miliki dalam pikirannya bisa masuk juga ke dalam pemahaman pembaca. Tidak jarang, penulis juga berusaha membuat agar pembaca setuju dengan tulisan yang dibuatnya.

Tidak ada seorang pun yang sungguh-sungguh mengetahui semua hal di dunia ini. Untuk itu, orang perlu membaca untuk bisa memahami satu per satu hal tersebut, sepintar apa pun orang itu. Semakin banyak hasil tulisan, maka akan semakin banyak pikiran orang yang terbuka tentang dunia, bukan?

Banyak jenis tulisan yang bisa dibuat. Baik fiksi maupun non-fiksi, semuanya berperan baik bagi orang lain. Penulisan fiksi cenderung membawa suatu makna tersembunyi di balik suatu cerita yang tidak benar-benar terjadi. Contohnya yaitu cerpen, novel, dan puisi. Semuanya dibuat untuk menghibur pembaca tanpa meninggalkan makna yang perlu disampaikan kepada pembaca.

Sedangkan tulisan non-fiksi lebih kepada menyampaikan pesan secara langsung kepada pembaca dengan kenyataan yang ada di sekitar. Tujuan ini bisa kita lihat pada karya tulis, biografi, artikel-artikel berita, esai, hingga artikel Search Engine Optimization (SEO). Semuanya memiliki tujuan yang baik, yaitu menyampaikan informasi kepada pembaca yang mungkin saja belum dia ketahui sebelumnya.

Menjadi penulis memang nyatanya asik. Anda bisa menuangkan memiliki pemahaman yang sama dengan Anda tanpa bermaksud menggurui. Banyak orang mengatakan penulis merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Setuju?

Pernyataan “menulis membutuhkan kemampuan khusus” bisa jadi benar, bisa jadi juga kurang tepat. Diperlukan kemampuan untuk mengolah kata menjadi sebuah tulisan yang runtut dan menarik. Di sisi lain, kemampuan itu bisa saja datang jika kita sering menulis. Semakin sering kita memperhatikan sekitar dan menulis, maka kita akan semakin terlatih. Tulisan akan dengan sendirinya tersusun dengan rapi dan mampu membuat orang tertarik untuk membacanya.

Yang pasti, ada teknik khusus dalam menulis yang harus dipelajari jika Anda ingin membuat suatu tulisan yang menarik. Anda bisa mempelajarinya dengan sering membaca, berlatih, membaca dari internet maupun buku tentang tips menulis yang baik, atau bertanya kepada seorang penulis yang telah berpengalaman dan profesional pada bidangnya.

Sebenarnya, yang terpenting adalah niat kita untuk menulis. Akan semakin banyak orang yang semakin cerdas jika kita terus menulis. Bukan-kah tidak ada gunanya menyimpan ilmu yang dimiliki sendiri dalam-dalam?

Karenanya, menulis-lah! Apa pun. Anda bisa memulainya dengan menulis jurnal pribadi, misalnya. Atau jika Anda suka tulisan yang lebih serius, Anda bisa memulainya dengan menulis artikel atau esai. Percaya-lah, menulis tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Namun, bagaimana jika Anda belum percaya diri juga untuk menulis padahal banyak ide-ide cemerlang yang ingin Anda bagikan untuk orang lain? Saat ini banyak jasa penulis Indonesia yang menawarkan jasa menulis, salah satunya yaitu Ghostwriter. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda yang membutuhkan bantuan jasa penulis Indonesia.

Ghostwriter telah menulis lebih dari 40 buku dan terus bertambah. Selain itu, banyak artikel SEO, cerpen, novel, puisi, esai, hingga karya ilmiah juga yang telah kami garap. Pengalaman kami membuat kami yakin untuk menawarkan jasa penulis Indonesia kepada Anda.

Jika Anda tertarik dengan jasa penulis Indonesia Ghostwriter, Anda bisa menghubungi kami. Jangan ragu untuk bertanya bahkan jika hanya sekadar bertanya harga. Harga yang kami berikan akan disesuaikan dengan jenis, panjang, dan waktu yang Anda tentukan untuk jasa penulis Indonesia kami kerjakan.

Jasa penulis Indonesia Ghostwriter dapat dikontak melalui 0816700257 (Call, SMS, WhatsApp) dan email anangyb@ghostwriterindonesia.com.