Cara Mudah Menulis Biografi dan Profil Sosok Berdasarkan Ketokohan

Cara Mudah Menulis Biografi dan Profil Sosok Berdasarkan Ketokohan

Suatu kali, bisa jadi Anda mendapat tugas untuk menulis sebuah biografi singkat tokoh nasional atau menulis sosok inspiratif. Seolah itu gampang. Setidaknya, saat Anda membacanya di kolom sosok koran atau majalah.

Benarkah menulis biografi singkat atau profil sosok itu gampang?

panduan menulis biografi
panduan menulis biografi

Kalau belum mencoba, kemungkinan besar Anda akan menganggapnya gampang. Kalau sudah mencoba dan tahu langkah-langkah menulis biografi singkat, maka akan lebih gampang lagi. Memang kok, menjadi penulis biografi itu gampang-gampang saja. Asalkan tahu urutannya.

Biografi berarti “menulis tentang kehidupan.” Kunci untuk menulis biografi yang baik adalah memilih subjek atau tokoh yang baik yang telah menjalani kehidupan yang menarik.

Meskipun mungkin tergoda untuk menulis tentang selebriti favorit Anda, Anda sangat dianjurkan untuk memilih seseorang yang telah menjalani kehidupan penting dan memberikan kontribusi yang langgeng kepada dunia.

Selebriti yang sudah menjadi diva memang pantas untuk ditulis di dalam sebuah buku biografi. Sedangkan selebriti yang sekadar sedang naik daun tetap dapat Anda tulis. Sebagai pengisi kolom profil sosok.

Oh ya, sebagai penulis biografi, Anda pun masih punya subjek lain. Orang yang Anda kenal juga merupakan subjek yang baik untuk profil. Mereka mudah diakses untuk wawancara. Juga, Anda dapat dengan mudah mewawancarai orang lain tentang mereka. Temui kerabat atau orang-orang terdekat dari subjek Anda itu.

Jadi, kalau saya ingin menjadi penulis biografi sekarang juga, apa yang harus saya lakukan pertama kali?

Langkah 1: Buat daftar kemungkinan subjek untuk biografi Anda. Pikirkan tentang semua orang di dunia yang membuat Anda terpesona. Anda bisa membayangkan untuk membuat biografi tokoh-tokoh ini

Contoh:

  • Biografi Joko Widodo
  • Biografi Sandiaga Uno
  • Biografi Ignatius Jonan
  • Biografi Susi Pudjiastuti
  • Biografi Jack Ma
  • Biografi Ruth Sahanaya
  • Biografi Mama Anda
  • Biografi salah satu mentor Anda
  • Biografi Fahri Hamzah
  • Biografi Gie
  • Biografi Ahok
  • Biografi Ustaz Mansyur
  • Biografi Bambang Trim

Langkah 2: Lingkari tiga dari saja dari sekian banyak alternatif nama-nama di atas.

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan selaku seorang penulis biografi. Tengoklah dari sisi kemudahan menulis, mengumpulkan bahan, ketokohan, kedalaman inspirasi hidup si tokoh, dan dampak kehidupan mereka pada masyarakat luas.

Langkah 3: Lakukan desk study. Riset nama-nama mereka sambil duduk di depan komputer dan nyalakan internet.

Jalankan pencarian cepat di Internet untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat Anda temukan dengan mudah mengenai ketiga kandidat Anda.

Pilih hanya dari media terpercaya dan nonpartisan. Kompas.com, detik.com adalah dua media di internet yang memiliki kredibilitas memadai.

cek jumlah hasil pencarian dari search engine Google. Seberapa banyak tokoh itu muncul dalam hasil pencarian Anda. Semakin banyak ditemukan kontennya semakin besar peluang Anda untuk menulis mendalam mengenai si tokoh.

Langkah 4: Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk masing-masing dari tiga kandidat Anda

Apakah kehidupan sosok itu layak untuk ditulis?
Apakah Anda merasa kuat mengenal tentang orang itu?
Apakah orang itu membuat perbedaan di tingkat nasional atau malahan dunia?
Apakah orang itu memesona Anda?
Apakah lika-liku kehidupan orang itu dapat dibuat cerita yang bagus?

Langkah 5: Kehidupan orang yang mana yang menonjol sebagai cerita terbaik? Saatnya Anda selaku penulis biografi untuk memutuskan!

Gunakan intuisi dan level ketertarikan Anda untuk memilih satu saja dari sederet tokoh tadi. Selanjutnya mulailah menulis. Ada panduan menulis biografi di dalam blog saya ini. Searching saja ya.

Komentar Anda?
%d bloggers like this: