Contoh Biografi-biografi Mantan Presiden RI

Halo sahabat Ghostwriter Indonesia …

Biografi adalah kisah nyata dari kehidupan seseorang yang ditulis berdasarkan kronologi waktu. Basanya, buku biografi memuat kisah tokoh-tokoh penting naik tokoh dunia maupun tokoh nasional. Mereka bisa berasal dari dunia pemerintahan, pebisnis, tokoh agama, atau sahabat difabel.

contoh biografi tokoh nasional
contoh biografi tokoh nasional

Penulis biografi kini akan membahas tentang biografi mantan presiden RI.   Presiden merupakan pemimpin negara yang memiliki otoritas paling tinggi. Di Indonesia, kita sudah mengalami beberapa pergantian presiden dengan karakteristik kepemimpinan masing-masing.

Nah, pembaca sedang mencari biografi mereka untuk tugas sekolah? Ini dia contoh biografi tokoh nasional yang dapat kamu kutip. Kami selaku pemberi jasa penulisan biografi memberikan contohnya untuk Anda pelajari.

Biografi Presiden Pertama, Ir. Soekarno (1945-1966)
Presiden pertama di Indonesia yaitu Soekarno, yang biasa dipanggil dengan nama Bung Karno. Dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno pun mengemukakan gagasan tentang dasar negara yaitu Pancasila.
Setelah melalui perjuangan yang sangat panjang, akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945, Ir.Soekarno pun terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Biografi Presiden Kedua, Soeharto (1966-1998)
Presiden kedua Republik Indonesia yaitu Soeharto. Beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong di tahun 1941. Akhirnya, beliau resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Soeharto pun menikah dengan Siti Hartinah dikaruniai enam putra dan putri. Sedangkan, pada Maret 1966, Jenderal Soeharto mendapat Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno.

Akibat situasi politik yang memburuk setelah meletusnya G-30-S/PKI, maka Sidang Istimewa MPRS pada Maret 1967, akhirnya menunjuk Pak Harto sebagai Pejabat Presiden dan dikukuhkan selaku Presiden RI Kedua pada Maret 1968. Penulis biografi juga mengungkapkan jika bapak Soeharto memimpin Republik Inndonesia lebih dari tiga dasa warsa hingga beliau mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.

Biografi Presiden Indonesia Ketiga, Habibie (1998-1999)

Presiden ketiga Republik Indonesia yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Beliau menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra sesuai ulasan dari penulis biografi.

Di Indonesia, Habibie menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT selama 20 tahun, beliau juga memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, hingga akhirnya dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, menggantikan Presiden Soeharto. Sampai akhirnya, beliau dipaksa untuk lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka.

Biografi Presiden Indonesia Keempat, Abdurrahman Wahid (1999-2001)
Gus Dur merupakan putra pertama dari enam bersaudara yang dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1940 di Denanyar Jombang Jawa Timur. Beliau merupakan keturunan dari “darah biru”. Inilah ulasan dari penulis biografi.
Sebagian besar masa remaja Gus Dur dihabiskan di Yogyakarta dan Tegalrejo. Pada kedua tempat inilah pengembangan ilmu pengetahuan mulai meningkat. Setelah itu, Gus Dur pun tinggal di Jombang pada pondok pesantren Tambak Beras, hingga kemudian melanjutkan studinya ke Mesir.
Biografi Presiden Indonesia Kelima, Megawati (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia kelima yaitu Megawati Soekarnoputri, beliau lahir pada 23 Januari 1947 di Yogyakarta. Sebelum diangkat menjadi presiden, beliau merupakan Wakil Presiden Repbulik Indonesia yang ke-8 dibawah pemerintahan Abdurrahman Wahid. Megawati merupakan putri sulung dari Presiden RI pertama, Bapak Soekarno dan Fatmawati.

Masuknya Megawati dalam kancah politik, berarti beliau telah mengingkari kesepakatan dengan keluarganya untuk tidak terjun dalam dunia politik. Beliau lebih memilih melakukan lobi-lobi politik di luar gedung wakil rakyat tersebut. Pada akhirnya tahun 1993, beliau terpilih menjadi Ketua Umum DPP PDI.

Biografi Presiden Keenam, Soesilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono merupakan presiden RI ke-6. Beliau lahir pada 9 September 1949 di Pacitan, Jawa Timur. Mewarisi sikap ayah beliau yaitu sikap disiplin, beliau berjuang untuk mewujudkan cita-cita masa kecilnya menjadi tentara dengan masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) setelah lulus SMA pada akhir tahun 1968.

Kemudian, beliau menjadi lulusan terbaik AKABRI (1973). Beliau memiliki istri bernama Kristiani Herawati. Beliau merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam proses Pemilu Presiden putaran II pada tanggal 20 September 2004.

Demikian penulis biografi telah memberikan contoh biografi tokoh nasional terutama para mantan presiden RI. Jangan lupa cek artikel lainnya yang terkait dengan proses penulisan biografi dan tips menarik lainnya.

Komentar Anda?
%d bloggers like this: