Ingin Jadi Pebisnis Digital Sukses? Baca 5 Buku Biografi Ini agar Termotivasi!

Menjadi pebisnis di era digital tampak sangat menjanjikan. Sebagian besar di antara mereka merupakan pemilik e-commerce atau jejaring sosial jutaan pengguna. Platform-platform yang dikembangkan pun punya nilai yang sangat tinggi dan menjamin mereka hingga keturunannya sejahtera.

Buku Biografi Jack Ma dan lainnya
Buku Biografi Jack Ma dan lainnya

Satu hal lain yang lebih mengagumkan adalah para pebisnis digital tersebut datang dari berbagai usia. Dari yang masih di bawah 30 tahun hingga paruh baya. Fakta tersebut membuktikan, untuk jadi pebisnis, Anda tak harus malu dengan umur. Jika Anda punya tekad kuat dan enggan menyerah, maka Anda dapat menjadi pengusaha digital sukses berikutnya.

Supaya Anda semakin termotivasi, berikut ini ada lima buku biografi dari tokoh-tokoh dalam dunia bisnis digital yang namanya sudah mendunia.

  1. Jack Ma: Founder and CEO of the Alibaba Group (2014)

Biografi ini ditulis Chen Wei, sahabat yang juga asisten Jack Ma. Mulanya, Wei memberikan draf naskah berisi kejadian-kejadian sang CEO dengan detail yang mengejutkan. Buku ini menarik sekaligus terasa personal, karena disusun sendiri oleh sosok yang menyaksikan sendiri jatuh-bangun Jack Ma sebelum menjadi salah satu pemilik e-commerce terbesar di CEO.

Uniknya, dalam biografi garapan Wei, Anda tak hanya disuguhkan perjuangan Jack Ma. Ada pula fakta-fakta yang tak diketahui publik luas seperti sikap usil sang pemilik e-commerce, kegemarannya membaca novel silat, hingga angan-angannya menjadi pendekar terkenal.

  1. Mark Zuckerberg: the Face Behind Facebook and Social Networking (2010)

Kendati sempat tersandung masalah seputar penyalahgunaan data pengguna Facebook, hingga kini Mark Zuckerberg tetap dianggap sebagai salah satu penguasa bisnis digital muda yang sangat sukses. Hal ini dituangkan Daniel Alef dalam biografi singkat tentang pendiri Facebook yang sukses menjadi miliarder sebelum usianya menginjak kepala tiga.

Dalam tulisannya, Alef memaparkan fakta-fakta seputar Zuckerberg yang tidak digambarkan secara tepat dalam film Social Network. Pria yang dalam kegiatan kerjanya selalu berpakaian simpel ini pun selalu disandingkan dengan nama-nama populer lainnya seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Donald Graham.

  1. iSteve: The Book of Jobs (2011)

Dari judulnya, Anda pasti sudah dapat menduga sosok siapa yang dibahas dalam buku biografi ini. iSteve yang ditulis Walter Isaacson sebenarnya sudah digarap sejak 2009. Dalam proses risetnya, sang penulis mewawancarai anggota keluarga, rekan kerja, hingga kompetitor untuk mendapatkan kesan tentang petinggi Apple dari berbagai sudut pandang yang objektif.

Kehidupan Steve Jobs memang selalu menarik perhatian untuk disimak dan dibahas. Mulai dari lika-liku keluarga, kontroversi di perusahaan hingga pesaingnya, sampai penyakit kanker yang merenggut nyawa Jobs pada Oktober 2011.

  1. Impatient Optimist: Bill Gates in His Own Words (2012)

Publik mengenal Bill Gates sebagai salah satu orang paling kaya di dunia dan pendiri teknologi raksasa Microsoft. Namun, dalam biografi yang ditulis Lisa Rogak, Anda akan mengetahui lebih banyak sisi lain dari sang miliarder. Dari strategi Gates seputar bisnis, kreativitas, teknologi, hingga kehidupan pribadinya yang menarik atensi publik.

Akan tetapi, satu hal yang paling mengejutkan dari Bill Gates adalah perubahannya dari sosok yang sangat ambisius dan kontroversial menjadi seorang dermawan. Kini, Gates tak hanya rutin memberikan donasi kepada komunitas sosial, tetapi juga buku-buku berharga bagi yang membutuhkan.

  1. The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon (2013)

Dibandingkan nama-nama pebisnis sebelumnya, Jeff Bezos mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Jika Anda belum tahu, Bezos merupakan pemilik Amazon, salah satu toko virtual raksasa asal Amerika Serikat. Dalam biografi yang ditulis Brad Strone, Anda akan mengenal perjalanan Bezos dalam membangun Amazon hingga menjadi salah satu e-commerce paling diperhitungkan saat ini.

Sesuai judul bukunya, sejak awal Bezos tak ingin Amazon hanya terbatas pada penjualan buku saja, tetapi juga produk-produk dari semua kategori. Dengan kerja keras dan ketekunan, Bezos pun sukses membawa Amazon ke puncak kesuksesan seperti sekarang.

Dari lima judul buku biografi di atas, mana yang akan Anda baca dulu untuk memotivasi diri sendiri?

Tim Ghostwriter Indonesia sudah berpengalaman memberikan jasa penulisan biografi. Silakan kontak kami di WA 0815-990-4562

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *