Kelas Menulis Online Novel

Saya suka mengumpulkan potongan-potongan kecil quote atau kata bijak dari penulis besar, para pemimpin, dan pemikir.

Selama beberapa tahun, saya telah menumpuk kutipan yang menginspirasi saya itu. Beberapa dari mereka mengandung nasihat bijak bagi kehidupan saya ; lainnya menawarkan perspektif segar yang tidak terpikir oleh saya sebelumnya. Banyak dari mereka malah memberikan tips menulis yang sangat baik.

Saya sadar, banyak orang merindukan untuk bisa menulis dan menerbitkan novel. Mereka terus berpikir tentang hal itu, mimpi tentang hal itu, bahkan sakit karena impian itu, tetapi timbunan tugas harian yang menakutkan dan hanya ada begitu sedikit waktu yang mereka miliki. Sepertinya mimpi menerbitkan novel menjadi hal yang mustahil, yang akan menyita waktu setahun bahkan rasanya  puluhan tahun untuk mewujudkan.

Kutipan-kutipan kata bijak itu mungkin tidak semua orang punya. Padahal itu adalah harta karun yang menjadi inspirasi saya untuk menulis banyak naskah termasuk biografi dan novel.

The journey of a thousand miles begins with a single step.
― Lao Tzu

Ya, apa yang saya lakukan untuk menulis novel itu sekadar langkah kecil.

Berapa tahun sebelum saya menjadi penulis seperti sekarang telah menghabiskan waktu untuk membaca dan menulis sebelum menjadi cukup layak untuk dipublikasikan?
Tahukah Anda, berapa lama waktu yang saya diperlukan untuk belajar bagaimana bercerita, untuk berpegang teguh pada aturan tata bahasa, menulis kalimat demi kalimat yang hidup dan menyentuh?
Saya dan para penulis profesional menghabiskan waktu berjam-jam, bekerja keras, hanya untuk latihan dan mengumpulkan pengalaman. Ribuan halaman menumpuk sebelum kami  merasa layak naskah itu diterbitkan. Ada saatnya dulu setiap kata, setiap paragraf, dan setiap baris yang kami tulis tidak ada satu orang orang pun tertarik membacanya. Tulisan-tulisan yang tidak tidak menghasilkan uang sepeser pun.
Saya habiskan waktu untuk membuat ribuan artikel di blog–saat itu masih mengandalkan blogspot gratisan, dan itu berjalan bertahun-tahun. Jika saat ini saya boleh bernapas lega karena tiap halaman yang saya tulis dapat ditukar dengan ratusan ribu rupiah sebagai balas jasa ghostwriting, itulah yang saya bagikan dalam kelas menulis online termasuk kelas menulis online novel.
Entah melalui kelas mentoring menulis maupun kuliah online, saya selalu berbagi semangat bahwa menulis adalah sebuah kerja keras dan smart. Lebih dari sekadar membagi motivasi sambil berkata “Pokoknya tulis … tulis … tulis.”
No! Menulis lebih dari sekadar motivasi. Dan, di kelas menulis online saya memastikan bahwa Anda harus berproses sampai pada titik matang. Begitu!
Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *