Kirim File Besar Online Ternyata Gampang Banget

panduan membuat buku biografi
cara membuat biografi
foto: pixabay.com

Punya masalah untuk kirim file besar online? Sebagai penulis, saya mengalami hal itu. Bayangkan, hosting yang saya sewa hanya membolehkan kirim file besar maksimal 15 GB (bisa apa, coba?). Nah, kalau lewat Gmail memungkinkan saya untuk mengirim file attachment hingga 25 MB untuk satu email ke pengguna email Gmail lainnya. Lumayan sih, soalnya banyak layanan email tidak menerima lebih dari pengiriman file berukuran lebih dari 10 MB.

Tapi 25 MB mana cukup untuk penulis seperti saya?

Email saya gunakan untuk kirim banyak file ke penerbit atau mitra penulis untuk urusan-urusan berikut ini.

  1. Kirim file besar ke penerbit berupa file Words lengkap dengan foto dan diagram. Rada malas kalau kirim bab demi bab yang dipecah ke dalam beberapa kali pengiriman. Risiko bakal terlewat diunduh oleh penerima juga gede.
  2. Kirim file besar berisi hasil rekaman wawancara. Seringkali saya memanfaatkan jasa mitra terutama yang menyediakan jasa transkrip rekaman wawancara. Untuk 1 jam rekaman wawancara ukuran file-nya bisa 80 MB bahkan lebih. Gmail pasti menolak file segede ini.
  3. Mengirimkan file besar hasil desain buku. Nah, file inDesign yang format asli–bukan pdf–pastinya gede dong. Di dalamnya memuat teks, folder gambar, dan fonts juga. Pastinya ukuran file-nya besar.
  4. Kirim foto-foto antar anggota tim. Foto dan data hasil riset juga perlu dikirimkan untuk melengkapi naskah terutama yang terkait dengan jasa penulisan biografi dan jasa ghostwriter yang yang saya komandani.

Nah, solusinya apa dong untuk  mengirimkan file besar secara online dan gratis?

Saya belakangan pakai jasa WETRANSFER.

WeTransfer adalah jasa pengiriman file besar secara online yang didirikan pada tahun 2009. Pilihan pada Wetransfer adalah sebagai cara termudah untuk mengirim file-file besar ke seluruh dunia. 

Aplikasi baru WeTransfer akhirnya tersedia di Play Store! Di samping fungsi WeTransfer yang Anda telah kita kenal dan sukai, pengguna aplikasi dapat mengirimkan, menerima, mengumpulkan, dan mengatur berbagai jenis file sehingga membuat pengiriman dan penerimaan konten yang lebih bervariasi lebih mudah bagi semua orang terutama di perangkat Android Anda.

Bagaimana mulai mengirim file besar menggunakan WeTransfer?

Buka situs weTransfer www.wetransfer.com

Anda tidak harus mendaftar. Santai saja. Anda dapat langsung kirim file sampai 2 GB (gila kan)

kirim file besar
kirim file besar

Simpel kan tampilan WeTransfer?

  1. Anda dapat mulai upload file dengan klik tombol tanda TAMBAH … ingat, batas maksimal file besar Anda adalah 2 GB
  2. Tambahkan alamat tujuan. Saya suka menambahkan alamat email saya sendiri untuk memastikan tampilan dan kepastian kiriman itu sampai ke alamat kirim.
  3. Tuliskan juga alamat email pengirim yang email Anda sendiri.
  4. Tambahkan pesan di dalam kotak message. Ini seperti Anda mengirim pesan di dalam email.
  5. Lantas? Rileks … file Anda akan diunggah dengan kecepatan sesuai kualitas jaringan internet Anda.

Mengambil File Besar dari WeTransfer

Dalam waktu cepat, pihak yang Anda kirimi file akan menerima notifikasi dari WeTransfer. Notifikasi itu berupa email dan link untuk mengunduh file besar yang terkirim dari WeTransfer.

Untuk mengambil transfer Anda, klik tombol / tautan Unduh di email yang telah diterima dari WeTransfer. Ini akan otomatis membuka situs web WeTransfer di browser Anda.

Catatan: File akan tersimpan selama 7 hari saja. Jadi pastikan pihak penerima lekas untuk mengunduh file besar dari Wetransfer ini sebelum batas waktu habis.

Sejauh ini, akses kirim file besar online melalui WeTransfer lancar-lancar saja. Demikian pula proses mengunduhnya. Nah, kalau Anda mengalami masalah, seperti lambatnya proses mengirim file ini, coba beberapa hal ini dicek dulu:

  • Apakah Anda menggunakan segala bentuk perangkat lunak antivirus? Jika demikian, harap perbarui program ini sebelum mentransfer. Anda juga harus mematikan opsi webshield apa pun dalam pengaturannya dan akhirnya, matikan pemeriksaan HTTP jika perangkat lunak antivirus Anda menggunakannya.
  • Jika Anda tidak menggunakan perangkat lunak antivirus, kecepatan kirim file besar online di WeTransfer menjadi lambat dapat disebabkan oleh masalah dengan koneksi internet Anda. Periksa apakah ada perangkat lunak yang berjalan yang mungkin mengganggu layanan WeTransfer. Anda juga dapat memeriksa apakah firewall Anda memblokir layanan WeTransfer.
  • Jika Anda memiliki ekstensi / add-on browser, seperti Adblock, coba nonaktifkan sebelum mentransfer.
  • Jika file Anda berada di hard drive eksternal atau USB flash disk, pindahkan ke drive komputer Anda sebelum mengunggahnya
  • Pastikan file Anda tidak terbuka di program lain saat mengunggah.

Oh ya, buat Anda pemakai browser Chrome, Anda dapat menambahkan ekstensi WeTransfer ke dalam bilah browser Anda. Ini akan praktis untuk Anda yang sering-sering mengunggah file besar secara online.

Nah, mau kirim file besar secara online hingga 20 GB? Boleh kok, naikkan saja menjadi WeTransfer plus. Anda dapat beberapa tambahan layanan premium selain meningkatnya kapasitas unggahan tersebut.

Salam dari saya, Anang YB penulis biografi dan ghostwriter.

 

 

 

 

 

Komentar Anda?
%d bloggers like this: