Langkah-Langkah Membuat Buku Biografi

Tergoda untuk buka jasa penulisan biografi? Ah, boleh lah. Nanti kita bisa kolaborasi ya.

Sebagai penulis biografi bukan berarti Anda  wajib mengangkat seluruh cerita hidup seseorang dari semua aspek kehidupan. ada kalanya, Anda hanya perlu mengambil satu sisi aspek kehidupan dari tokoh yang akan Anda angkat kisahnya. Jadi, jangan dulu membayangkan sesuatu proses menulis yang berat dan memakan banyak waktu.

Oke, bagaimana kalau saya berbagi tip cara penulisan biografi untuk Anda? Simak ya ….

Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah membuat buku biografi.

langkah menulis buku biografi
langkah menulis buku biografi

Pilihlah Tokoh yang Menarik

Hal yang perlu Anda ketahui sebagai penulis biografi, yaitu tokoh yang akan Anda angkat. Dalam memilih tokoh, kemungkinan dapat dikarenakan Anda memiliki ketertarikan terhadap profil tokoh tersebut.

Atau, tujuan Anda  untuk mengikuti kecenderungan pasar dan keinginan publik. Jika ini alasannya maka Anda dapat memilih tokoh yang sedang kontroversial atau memiliki ketertarikan tersendiri bagi publik secara luas.

Sebut saja pada masa Pilpres. Anda dapat membuat biografi tokoh Prabowo, biografi Sandiaga Uno, atau biografi Pak Joko Widodo.

Aspek-aspek di atas menjadi penting supaya Anda dapat menuliskan tokoh yang secara lebih mudah. Kemudahan dalam menulis buku biografi, yaitu apabila Anda memiliki kedekatan kepada tokoh yang akan Anda tulis.

Tentukan Tema yang Akan Diangkat

Aspek yang perlu diperhatikan, yaitu menentukan tema yang ingin Anda eksplorasi. Tema tersebut menjadi penting supaya tulisan yang Anda buat memiliki batasan-batasan tersendiri. Dengan demikian, kisah hidup tokoh yang Anda angkat tidak meluber pada sisi-sisi lain yang sebenarnya tidak memiliki korelasi langsung dengan tema yang Anda angkat.

Temukan Fakta-fakta Utama

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui, yaitu menemukan fakta-fakta unik, menarik, dan utama dari kisah hidup tokoh yang Anda angkat. Fakta tersebut menjadi hal penting untuk diungkap karena akan berkaitan dengan epifani. Epifani merupakan peristiwa penting yang kemudian berdampak pada kehidupan, baik tindakan maupun pemikiran dari tokoh yang Anda angkat.

Tentukan Bagian Penting dari Hidup Tokoh yang Diangkat

Aspek berikutnya yang perlu Anda ketahui sebagai pemberi jasa penulisan biografi, yaitu menentukan bagian penting dari kehidupan tokoh yang akan diangkat. Hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu proses menceritakan kisah hidup tokoh tersebut secara kronologis.

Jadi, waktu menjadi salah satu indikator yang dapat Anda gunakan untuk mengurutkan setiap peristiwa yang dialami oleh tokoh yang diangkat. Apabila Anda ingin mengangkat pemikiran seseorang tentang Pancasila, maka Anda harus dapat menemukan bagian penting dari kehidupan tokoh yang diangkat secara kronologis.

Tentukan Daya Tarik Tokoh yang Diangkat

Aspek penting lain yang perlu Anda ketahui dalam menulis buku biografi yaitu daya tarik dari tokoh yang Anda angkat. Terlepas dari terkenal atau tidaknya tokoh yang Anda angkat, Anda harus memiliki argumen yang kuat mengapa tokoh tersebut Anda pilih. Dengan kata lain, mengapa masyarakat perlu tahu tentang tokoh yang akan Anda angkat tersebut.

Sebagai sebuah contoh yaitu pemikiran demokrasi dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Anda mengetahui bahwa sultan merupakan sosok yang dikenal feodal dengan sistem monarki yang diterapkan di dalam kerajaannya. Buku biografi Anda akan menarik ketika seorang Sultan yang feodal justru memiliki pemikiran tersendiri tentang demokrasi. Padahal, ide monarki dan demokrasi merupakan dua hal yang saling bertentangan.

Temukan Kontribusi Nyata dari Tokoh yang Diangkat

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan, yaitu menemukan kontribusi nyata dari tokoh yang diangkat. Kontribusi yang dimaksud tersebut dapat bersifat luas. Artinya hal apa yang tokoh tersebut pernah lakukan terhadap kehidupan di masyarakat luas.

Sebagai contoh, misalnya ketika Anda ingin mengangkat demokratisasi yang dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, maka Anda akan melihat seberapa banyak kontribusi yang sudah beliau lakukan.

Demikian langkah-langkah membuat biografi sebagai bagian dari kompensi pemberi jasa penulisan biografi profesional.

 

Komentar Anda?
%d bloggers like this: