Panduan Singkat nan Mudah Menulis Biografi Tokoh Terkenal

Walau tidak sepopuler novel dan buku self-help, biografi menjadi salah satu genre dari kategori non-fiksi yang menarik untuk disimak. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap buku biografi sekadar rangkuman kehidupan publik figur ternama. Kenyataannya, genre ini lebih fokus pada salah satu aspek kehidupan tokoh yang bersangkutan. Maka dari itu biografi mempunyai tema beragam, dari motivasi, sejarah kesuksesan, politik, perjuangan, dan lain sebagainya.

jasa penulis biografi sumber: pixabay.com

Dalam hal ini, biographer atau penulis biografi harus mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang akan membantunya merampungkan buku sang tokoh. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dijadikan panduan menulis biografi persembahan dari Ghostwriter Indonesia.

  • Menentukan tokoh yang menarik

Tokoh terkenal memang banyak, tetapi yang mempunyai keunikan dan memberikan pengaruh besar hanya segelintir. Biographer dapat memilih sendiri tokoh berdasarkan kesesuaian minat dan pontensi besar terhadap karyanya kelak. Ada juga tokoh-tokoh ternama seperti pejabat politik hingga selebriti yang meminta langsung kepada biographer untuk dibuatkan buku. Apa pun jalurnya, penulis yang menangani harus mempunyai ketertarikan terhadap sosok tersebut. Tanpa hubungan batin yang kuat, akan sulit bagi penulis untuk melakukan langkah-langkah perampungan biografi selanjutnya.

Sebagai penyedia jasa penulisan biografi, kami–tim Ghostwriter Indonesia–selalu mengawali proses dengan melakukan pendekatan personal agar kisah hidup tokoh dapat mengalir dengan lancar.

  • Memilah tema/topik yang akan diangkat

Setelah menemukan tokoh yang tepat, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilah tema atau topik yang diangkat nanti. Memoar seringkali menjadi pilihan dari si tokoh. Nah, memoar ini menekankan satu aspek kehidupan saja dari sosok yang bersangkutan. Tema pun akan menjadi batasan selama menulis supaya tidak meluber ke mana-mana. Misalnya, tokoh yang akan Anda angkat dalam biografi adalah mantan presiden yang pernah menerbitkan kebijakan yang mengubah kehidupan bangsa. Anda dapat mengangkat hal tersebut menjadi topik utama untuk kemudian digali lebih dalam bersama sang tokoh. Ghostwriter Indonesia sebagai penyedia jasa penulisan biografi punya pengalaman menulis banyak buku nonfiksi sehingga ketika memoar dibuat, alur gagasan per tema itu mudah untuk dibuat.

  • Menelusuri fakta dan data utama

Karena termasuk ke dalam kategori non-fiksi, biografi mewajibkan Anda untuk memaparkan fakta dan data utama. Akan jauh lebih baik bila informasi yang Anda bahas nanti menarik sekaligus belum diketahui publik. Pasalnya, fakta dan data tadi akan menuntun biographer pada epifani, yakni peristiwa penting yang memberikan dampak terhadap kehidupan—baik pemikiran maupun tindakan dari tokoh tersebut. Jika Anda akan mengangkat kebijakan pemerintahan, maka Anda harus menemukan sejumlah momen yang jadi kunci penting sang sosok melahirkan gagasan tadi. Ghostwriter Indonesia memiliki tim riset yang handal sehingga proses penyelesaian jasa penulisan biografi menjadi semakin akurat.

  • Cari bagian penting dari kehidupan tokoh

Aspek krusial berikutnya yang harus Anda ketahui saat menyusun biografi tokoh ternama adalah bagian penting dari kehidupannya. Dalam biografi, aspek ini biasanya akan dibuat menjadi kronik atau rangkaian kisah yang dirunut berdasarkan waktu. Jadi, saat meriset data maupun mewawancarai tokoh, Anda harus selalu memastikan kebenaran hari, bulan, serta tahun kejadian. Selain itu, periksa poin tersebut berulang kali sebelum naik cetak, apalagi bila berhubungan dengan hajat orang banyak. Jangan sampai reputasi Anda sebagai biographer berantakan hanya karena salah mencantumkan tanggal.

  • Memilih daya tarik dari tokoh bersangkutan

Kembali lagi ke pembahasan di awal, Anda harus memegang argumentasi kuat yang melatarbelakangi pemilihan tokoh yang akan dibuatkan biografi—baik sosok terkenal atau tidak. Mengapa demikian? Para pembaca tidak akan membuang waktu mereka untuk membaca kisah seseorang yang informasinya bisa mereka temukan dengan mudah lewat dunia maya. Jika Anda sanggup menjelaskan daya tarik sang tokoh dengan baik, para pembaca akan dibuat penasaran dan mau mengenal lebih jauh seputar tokoh tadi. Di sisi lain, Anda dan sosok di buku biografi mendapatkan eksposur yang bagus.

  • Temukan kontribusi nyata dari sang tokoh

Poin terakhir yang tak boleh Anda lewatkan dari penelusuran tokoh adalah kontribusi nyata yang telah dia buat. Bila Anda memilih mantan presiden, maka yang Anda lakukan selanjutnya adalah menemukan data seputar kontribusinya selama menjabat jadi orang nomor satu di Indonesia. Bila tokohnya pebisnis, Anda dapat memeriksa jejak usaha hingga pengaruh produknya terhadap konsumen. Satu hal yang pasti, data-data tersebut harus akurat dan objektif. Carilah narasumber tepercaya agar Anda mendapatkan sudut pandang lain yang lebih impresif.

Demikian panduan mudah bagi Anda yang ingin menjadi biographer. Semoga dapat membantu Anda menulis biografi dari tokoh yang kredibel!

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *