Kirim Novel ke GPU atau Gagasmedia?

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook5Email this to someoneShare on Google+0Pin on Pinterest0

Tanya:

Aku mo ngirim novel roman dengan sedikit berbau fantasi….. dan juga bukan sejenis teenlit. Settingnya bukan di indo…. begitu juga dengan namanya. Kira-kira lebih bagus GPU atau Gagasmedia ya??? walaupun gak salah untuk ngirim ke dua-duanya sekaligus…

tapi menurut kalian bagus mana??

lagian q juga masih smp, tapi novel yang mo kubuat ini bukan sejenis teenlit gitu….

Jawab:

Kalau untuk penerbitan novel kayak gitu sepertinya lebih cocok GPU. GPU udah terkenal sama Ilana Tan yang menggunakan setting tempat luar negeri. Selain itu, buku terjemahan yang satu genre dengan tempatmu juga banyak yang keluaran GPU.
Meskipun begitu, kamu nggak bisa ngirim satu naskah ke dua penerbit sekaligus. Aku tahu kalau itu untuk berjaga-jaga apabila salah satunya di-reject, tapi akan jadi masalah kalau dua-duanya di-accept. Yang lebih baik adalah membuat dua naskah yang berbeda dan mengirimkannya ke dua penerbit berbeda pula. Hanya, pastikan saja naskah itu tidak berhubungan satu sama lain (bukan sekuel), karena biasanya, kalau mau buat sekuel harus satu penerbit sama naskah yang sebelumnya kamu kirim.
Sebagai tambahan, kamu harus lebih banyak mengoreksi naskahmu. Lebih baik menggunakan tiga per empat alih-alih 3/4, dan selain itu, kamu juga masih banyak menyambung kata depan yang menunjukkan keterangan tempat (seperti dikamarmu, harusnya di kamarmu, dsb). Oh ya, juga jangan gunakan frasa laptop bekas kuno, cukup gunakan frasa laptop bekas saja.
Kalau kamu punya naskah yang mau dikirim, usahakan jangan menyebarkannya via internet karena bisa “dibajak”. Untuk meminta pendapat orang lain, gunakan hard copy, atau tunjukkan kepada mereka naskah yang masih ada di komputermu.
Semoga sukses!

sumber: yahoo answer


Add Your Comment

You must be logged into post a comment.