10 Tip dan Motivasi Menulis Biar Anda Bersemangat Maksimal

Ada kata mutiara keren terkait dengan kesuksesan, begini bunyinya: “Ada dua tipe orang yang akan memberi tahu Anda bahwa Anda tidak dapat membuat perbedaan di dunia ini: mereka yang takut untuk mencoba dan mereka yang takut Anda akan berhasil.

Saya full banget sepakatnya.

Ketika Anda tergoda untuk menjadi seorang penulis sukses. Lantas nyebur ke dunia itu secara nyata maka kesuksesan Anda sudah dimulai. Halangan Anda cuma satu yakni para penulis senior yang gemetaran melihat kehadiran Anda di ceruk rezeki mereka!

Nah, kini Anda sudah ambil keputusan. Tugas saya adalah berbagi tip–bukan tips ya karena kata yang baku memang tip–menulis serta motivasi menulis agar Anda segera ada di dalam lingkaran saya. Sukur-sukur Anda juga menjadi rival saya dengan menjadi seorang pemberi jasa penulisan biografi atau mendaku (mengklaim) sebagai seorang ghostwriter Indonesia.

Berikut ini 10 tip menulis dicampur dengan motivasi menulis hingga Anda eksis dan menjadi penulis profesional. Simak ya.

  1. Sukses sebagai penulis adalah ketika Anda dapat memperkaya kehidupan orang-orang yang membaca karya Anda dan juga memperkaya kehidupan Anda sendiri.

Itulah misi mulia seorang penulis profesional sejati!

Sebelum melangkah jauh dengan banyak karya, perbaiki dulu ketulusan Anda dalam berprofesi. Ini tidak hanya berlaku untuk penulis tapi universal untuk semua pilihan pekerjaan. Pastikan bahwa ada niat tulus ketika Anda ingin menjadi penulis biografi atau seorang novelis, penulis artikel, atau bahkan seorang editor.

Pastikan bahwa karya Anda adalah karya positif, menggandeng orang pada kekayaan batin yang sebenarnya. Menghibur sekaligus memperkaya pengetahuan. Atau, melengkapi kebaikan dan skill pembaca Anda. Tergantung pada topik yang Anda tulis. Efeknya, ketika Anda sudah membantu orang lain dengan karya-karya positif itu, maka diri Anda pun akan diperkaya berkat kebaikan Anda itu.

tip menulis
tip menulis

 

2. Saat menulis dan kita terpaku pada karya hebat orang lain, pasti tak satu kata pun terangkai. Berhenti membandingkan diri pada orang lain saat menulis.

Saya pun mengidolakan Arswendo Atmowiloto penulis kisah Keluarga Cemara dan serial Imung itu. Tulisan dan gaya tutur saya awalnya terpengaruh dengan style beliau. Tapi itu dulu. Kini saya bisa melepaskan diri dari panutan itu.

Saran saya, ketika Anda sudah di depan komputer atau sudah memegang pulpen, kosongkan ikatan emosional Anda dengan penulis idola. Cara menulis novel atau naskah nonfiksi sama saja: tuliskan draf tanpa memikirkan hal lain! Bacaan hebat karya orang lain adalah referensi dan itu sudah lunas Anda serap sebelum benar-benar menulis.

Lakukan freewriting selama 10 menit tanpa henti dan tanpa menyunting apalagi melirik dan buka-buka tulisan orang lain. Jangan! Saya yakin tulisan Anda akan cepat kelar dengan melepaskan diri terhadap karya hebat panutan Anda.

tip menulis
tip menulis

 

3. Kebanyakan orang gagal dalam hidup karena mereka berjuang sebatas kemauan dan berbelanja sebatas keinginan.

Hidup harus ada planing kan ya. Demikian pula dalam hal membuat tulisan yang bagus dan tepat waktu. Omong kosong dengan mood dan writer’s block! Buatlah outline dan deadline agar target menulis novel atau naskah apa pun selesai tepat waktu, bukan sekadar kapan mau nulis.

Sama halnya dengan berbelanja buku-buku referensi. Kalau duit Anda terbatas belilah buku yang memang benar-benar perlu dan relevan, bukan sekadar pingin. Ini memang berat tapi ada saatnya Anda mengekang hal-hal yang tidak penting agar karier Anda lekas melenting.

tip menulis
tip menulis

 

4. Persiapan mendahului peluang

Apa saja persiapan seorang penulis untuk menangkap peluang? Saya memastikan diri memiliki jejaring yang terpilih dan berkualitas. Teman Facebook saya memang sudah 5000 orang sejak bertahun-tahun lalu. di dalamnya sudah saya sortir ada para editor sebagai channel saya masuk penerbit, juga ada para penulis pemula, para ilustrator, bahkan sampai pemberi jasa transkrip rekaman.

Tak hanya itu, saya pun membuat jejaring dengan profesi mirip saya: para pemberi jasa penulisan biografi, penyedia jasa menyunting naskah, dan juga sesama ghostwriter.

Peluang bisa datang dari orang di atas kita, bisa muncul dari orang seprofesi dengan kita, bahkan dari orang-orang yang sesekali mendapat job dari kita! Siapkan jejaring maka peluang datang seiring.

tip menulis
tip menulis

 

5. Penelitian tentang orang sukses dan tidak sukses membuktikan tidak ada perbedaan yang berarti dalam hal inteligensia maupun tingkat pendidikan di antara dua golongan itu.

Iya sih, saya tidak menafikan peran penting dari kecerdasan, tingkat pendidikan, bahkan bakat seseorang dalam meraih sukses. Namun begitu, tiga hal itu tidak serta merta menjadi tiket untuk sukses. Ada banyak deretan faktor pendukung untuk memastikan tiga hal tadi berperan sempurna.

John C. Maxwell dalam buku “Beyond Talent” malah bisa merumuskan kalau ada 13 faktor penting pendukung sukses, di antaranya adalah fokus, inisiatif, persiapan, praktik, karakter, dan lainnya.

tip menulis
tip menulis

 

6. Berpikir kreatif? Dibilang dalam buku “Goodbye Things”, ada 60.000 pikiran melintas dalam sehari. 95%-nya sama dengan hari kemarin. dan, 80% adalah pikiran negatif. Mau kreatif? Buang pikiran negatif.

Salah satu aplikasi penting di Android saya adalah pembersih sampah. Setiap kali smartphone saya melambat maka aplikasi ini menjadi dewa penyelamat. Dia bisa membersihkan sampah dan program-program default yang berjalan tanpa saya kehendaki.

Otak kita pun demikian. Ada banyak pikiran, kegelisahan, prasangka, kekhawatiran, dan sederet kerja otak yang berputar-putar di sisi negatif. Mana bisa kita membuat tulisan yang berkualitas jika otak kita bekerja dengan beban pikiran negatif itu?

Buang dan cari asupan hal positif untuk otak kita. Unfollow atau blokir sekalian teman medsos Anda yang cuma memancing kegelisahan dan rasa panas di hati Anda!

tip menulis
tip menulis

 

7.  Deadline adalah garis mati? Iya, ide yang ditunda-tunda eksekusinya akan layu seperti benih yang sekadar ditabur dan dicuekin. Lama-lama ya mati ide.

Saya dulu rajin menulis naskah tema komputer di Elexmedia. Tahukah Anda, menulis software dan tips komputer atau pun panduan mengoprek internet harus ditulis secepat mungkin. Kalau tidak, Anda baru menulis separuh naskah tahu-tahu sudah muncul versi software baru atau tampilan menu berubah. Alhasil naskah yang sudah Anda tulis dan screenshot menjadi basi.

Itu tidak hanya berlaku untuk tulisan tema komputer. Dalam banyak kasus, menulis buku kesehatan, parenting, psikologi, bahkan membuat novel pun bisa kehilangan momen ketika proses penulisan ditunda-tunda.

Kalaupun infonya tetap aktual, siapa bisa menjamin tak ada penulis lain yang seide dengan Anda dan dia lebih gesit? Ciptakan deadline tiap menulis dan pastikan Anda yang membuat dan Anda yang wajib mematuhi deadline itu!

tip menulis
tip menulis

 

8. Twist ending adalah akhir cerita yang tidak sesuai dengan apa yang penonton bayangkan. Anda speechless bahkan memutar ulang ingatan akan alur cerita di depan. Makin gemesin kalau ada double twist ending.

Saya sisipkan tip menulis novel ya. Paling sebel kalau baca novel atau nonton film yang ending-nya mudah ditebak. Karena itu, cerdiklah agar kisah itu menggiring pembaca pada satu kesimpulan yang … salah. Itulah novel yang nge-twist. Editor penerbit suka demikian pula para pembeli novel Anda akan mencatat nama Anda di dalam list penulis novel paling berbakat!

tip menulis
tip menulis

 

9. Majas apaan? Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Sebut saja kiasan.

Nah, saatnya buka lagi pelajaran Bahasa Indonesia saat masih di SMP! Gaya tutur Anda saat menyampaikan gagasan atau cerita buatlah enak dibaca dan memikat. Lurus sih bagus tapi dengan tambahan gaya bahasa yang tepat, daya pikat itu makin terlihat.

Ada banyak majas yang bisa Anda olah dan sisipkan dalam kalimat-kalimat naskah. Hanya dengan banyak menulis maka kemahiran Anda bergaya tutur akan makin luwes.

tip menulis
tip menulis

 

10. Kuyakin … percaya ada waktunya Tuhan.

Last but not least, setelah banyak tip menulis Anda terapkan dan sejumlah usaha pun tuntas Anda lakukan maka serahkan hasil akhirnya pada waktu dan rencana Tuhan. Bisa jadi naskah Anda ditolak 10 kali, itu Artinya waktunya Tuhan bukan saat ini. Atau, Tuhan kasih kesempatan Anda merevisi naskah itu sampai mendekati sempurna.

Saya butuh waktu 10 tahun untuk survive sebagai penulis biografi dan pemberi jasa ghostwriter. Saya ditempa oleh waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan.

tip menulis
tip menulis

 

Selamat menulis …. Salam sukses dari saya, Anang YB penulis biografi dan ghostwriter sahabat Anda.

Anang YB

Hubungi kami di 08159904562. Naskah Anda akan menjadi kenyataan bersama tim profesional kami.

ghostwriter indonesia