Naskah Anda Layak Dibuang?

ghostwriter indonesia

oleh Anang YB

Akademi Menulis indonesia Halo, bertemu dengan saya, Anang YB founder Akademi Penulis Buku.

Sebagai pendiri akademi menulis di Indonesia, saya jujur mengakui bahwa tak semua naskah yang saya buat layak untuk saya terbitkan. Berat untuk mengatakannya, tapi sebagian naskah yang sudah selesai atau sudah digagas malah layak untuk dibuang.

LHO?

Sebagai insan kreatif, saya secara pribadi maupun sekian banyak siswa di Akademi Penulis Buku nyaris setiap hari kebanjiran ide tulisan. Tulisan itu ada yang langsung dapat saya eksekusi karena sedang in atau saya siap dengan sekian banyak data dan informasi untuk menuntaskan naskah itu.

Namun, banyak dari ide itu pada akhirnya tak juga selesai dibuat, atau sudah selesai tapi belum sempat saya publikasikan. 

Mengapa bisa demikian?

Karena hanya tulisan terbaik yang saya publikasikan. Pun halnya terjadi pula pada siswa-siswa di Akademi penulis Buku. Mereka mengikuti kelas menulis biografi, kelas menulis novel, bahkan kelas menuntaskan naskah. Namun, pada ujungnya ada saja naskah yang tak (sempat) dipublikasikan.

“Jadi, apakah naskah yang tak dipublikasikan itu harus saya buang? Terdengar jahat ya. Namun … inilah alasan mengapa Anda layak membuang naskah-naskah dengan ciri seperti bahasan berikut ini  ….”

1. Saya lambat mengeksekusi naskah!

2. Saya sudah berbelok dari wawasan lama!

kelas menulis buku anak

3. Saya sudah ogah menulis tema itu!

4. Naskah saya sudah ketinggalan kereta

kelas menulis novel

5. Terlalu banyak naskah saya yang mangkrak

kelas menulis novel

5. Buang saja daripada jadi beban

kelas menulis buku anak

Nah, ketika Anda menyadari bahwa Anda tak pernah kekurangan ide tulisan, maka relakan saja untuk “membuang” naskah Anda. Niscaya setiap pagi, siang, sore, dan malam Anda kan kebanjiran ide terus kok.

tinggal sekarang Anda pastikan untuk memiliki manajemen penulisan naskah. Atur deadline, atur waktu untuk membuat tulisan dengan target terbit, dan paham cara menulis sesuai keinginan pembaca.

Dengan cara itu, Anda tidak akan membuang banyak waktu untuk menulis apa pun dengan hasil yang sia-sia. Setiap tulisan Anda harus punya tujuan konkret. Itulah ciri PENULIS PROFESIONAL.

Mau jadi penulis Pro? Tempat terbaik untuk menempa diri hanya ada di Akademi Penulis Buku … Akademinya penulis pro untuk menulis lebih profesional. Kunjungi www.AkademiPenulisBuku.com