Aplikasi Populer untuk Menulis

fitur tersembunyi Microsoft word
fitur tersembunyi Microsoft word

 

Anda cuma mengenal Microsoft Word? Yuk, saya kenalkan beberapa aplikasi alternatif untuk menulis selain yang satu itu.

Beberapa aplikasi yang populer untuk menulis adalah:

  1. Microsoft Word – aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan di kalangan profesional
  2. Google Docs – aplikasi yang disediakan oleh Google untuk menulis dan berkolaborasi secara online
  3. Apple Pages – aplikasi pengolah kata yang disediakan oleh Apple untuk pengguna sistem operasi macOS dan iOS
  4. Evernote – aplikasi untuk menulis catatan dan menyimpan informasi yang dapat diakses dari berbagai perangkat
  5. Scrivener – aplikasi yang populer di kalangan penulis untuk menulis dan mengelola proyek penulisan yang lebih kompleks
Apa benefit menggunakan scrivener bagi penulis?
Scrivner adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu penulis dalam mengelola proyek penulisan yang lebih kompleks, seperti buku, skrip film, atau tesis. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang berguna bagi penulis, di antaranya:
  1. Organisasi yang baik: Scrivener memungkinkan penulis untuk mengelompokkan dan mengelola berbagai bagian tulisan secara lebih terstruktur.
  2. Pembuatan sinopsis: Penulis dapat membuat sinopsis dari setiap bagian tulisan untuk membantu dalam perencanaan dan pengorganisasian materi.
  3. Pencarian yang mudah: Scrivener menyediakan fitur pencarian yang canggih, sehingga penulis dapat dengan mudah menemukan bagian tulisan yang dibutuhkan.
  4. Berkolaborasi dengan mudah: Penulis dapat membagikan proyek tulisan dengan mudah dengan rekan kerja atau editor melalui fitur berkolaborasi yang disediakan oleh Scrivener.
  5. Export yang mudah: Scrivener memungkinkan penulis untuk mengekspor proyek tulisan ke dalam berbagai format, seperti Word, PDF, atau e-book.

Scrivener juga menyediakan banyak fitur lain yang dapat membantu penulis dalam menulis, seperti pembatasan waktu menulis, pemantauan progres penulisan, dan lain-lain.

Balik ke Microsof Word, apa saja fitur tersembunyi di Microsoft Word yang cocok untuk novelis?

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat powerful dan memiliki banyak fitur yang bisa membantu novelis dalam menulis. Beberapa fitur tersembunyi di Microsoft Word yang mungkin bermanfaat bagi novelis adalah:

  1. Fitur Navigasi dokumen: Dengan fitur ini, novelis dapat dengan mudah menavigasi ke bagian tertentu dari dokumen yang sedang ditulis.
  2. Fitur koreksi tata bahasa: Microsoft Word menyediakan fitur koreksi tata bahasa yang dapat membantu novelis dalam mengoreksi kesalahan tata bahasa yang mungkin terjadi.
  3. Fitur pencarian dan mengganti: Microsoft Word memiliki fitur pencarian yang sangat canggih, sehingga novelis dapat dengan mudah menemukan bagian tertentu dari dokumen yang sedang ditulis, atau mengganti bagian yang tidak diinginkan.
  4. Fitur penyuntingan dan pemformatan: Microsoft Word memiliki banyak fitur penyuntingan dan pemformatan yang berguna bagi novelis, seperti fitur menyisipkan tabel, menyisipkan gambar, atau mengatur margin dokumen.
  5. Fitur pembatasan waktu menulis: Microsoft Word juga menyediakan fitur pembatasan waktu menulis yang dapat membantu novelis dalam mengelola waktu menulis dengan lebih baik.

Itu hanyalah beberapa fitur tersembunyi yang mungkin berguna bagi novelis di Microsoft Word.

Nah, fitur seru yang layak dicoba untuk para novelis adalah fitur pengatur waktu menulis di Microsoft Word. Berikut ini cara menggunakan fitur pembatasan waktu menulis di microsoft word.
Untuk menggunakan fitur pembatasan waktu menulis di Microsoft Word, pertama-tama buka dokumen yang akan ditulis. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pilih menu “File” di toolbar dan kemudian pilih “Options” dari menu dropdown.
  2. Pada jendela “Word Options”, pilih tab “Advanced” di sebelah kiri.
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian “Editing Options” dan centang pilihan “Use the Insert key to control overtype mode”.
  4. Kemudian, pilih tombol “Set Up Timer” di bawah pilihan yang telah dipilih.
  5. Pada jendela “Timing Settings”, masukkan waktu yang diinginkan dalam kolom “Minutes”. Kemudian, pilih tombol “Start Timer” untuk memulai pembatasan waktu menulis.
  6. Setelah waktu yang ditentukan habis, Microsoft Word akan memberikan notifikasi dengan bunyi dan tampilan pop-up.

Itu adalah cara menggunakan fitur pembatasan waktu menulis di Microsoft Word. Semoga membantu!