Bagaimana Cara Mengatasi Insecure Bagi Penulis yang Baru Pertama Kali Membuat Novel?

Insecurity dapat menjadi masalah yang sering dihadapi oleh para penulis, terutama bagi mereka yang baru pertama kali membuat novel. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perasaan tidak percaya diri ini:
  1. Mulailah dengan mengenali dan mengakui perasaan tidak aman yang Anda rasakan. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih terbuka dan jujur ​​terhadap diri sendiri, serta lebih siap untuk menghadapi masalah tersebut.
  2. Carilah dukungan dari orang-orang terdekat Anda. Misalnya, Anda dapat bertanya kepada teman atau keluarga untuk memberi dukungan dan semangat, atau bergabung dengan komunitas penulis lokal untuk mendapatkan saran dan dukungan dari orang lain yang juga sedang menulis. Silakan bergabung di grup Telegram Akademi Penulis Buku. Ini gratis dan banyak manfaat. Klik grup penulis Akademi Penulis Buku.
  3. Latihlah kepercayaan diri Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mencoba hal-hal baru, mengambil risiko, dan menerima pujian dari orang lain dengan terbuka.
  4. Bersikaplah terbuka terhadap kritik yang sehat. Kritik dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda, jadi jangan takut untuk menerimanya dan belajar dari komentar yang diberikan.
  5. Jangan terlalu membandingkan diri Anda dengan penulis lain. Setiap orang memiliki keunikan tersendiri dalam menulis, jadi jangan terlalu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Fokuslah pada kemajuan Anda sendiri dan terus berlatih untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.
  6. Jangan takut untuk meminta bantuan. Jika Anda merasa tidak yakin dengan kualitas tulisan Anda, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah tertentu, jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang lain. Anda dapat bergabung dengan grup diskusi online, bertanya kepada teman yang lebih berpengalaman, atau bahkan menggunakan layanan editing untuk memperbaiki kesalahan atau memperbaiki struktur tulisan Anda.

Bila rencana penulisan ini adalah langkah pertama Anda, pertimbangkan untuk mendapat pendampingan. Anda dapat mengikuti pelatihan menulis online atau mencari jasa co-writer di Indonesia. Silakan klik link tersebut untuk mendapat gambaran jasanya.

Silakan Berpendapat

Data Anda kami jamin Aman *wajib diisi