Buku Penyakit Lupus – Terlengkap

Senang banget akhirnya meluncur satu buku tentang penyakit Lupus terlengkap dari semua yang pernah saya temukan!

Penjelasan tentang penyakit Lupus menjadi satu di dalam buku A to Z Penyakit Rematik Autoimun tulisan dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD-KR yang bekerja di RS Siloam, Karawaci.

Lupus sering jadi perbincangan, namun banyak orang masih bertanya-tanya: penyakit lupus apa sih sebenarnya?

buku penyakit lupus
buku penyakit lupus

Buku tentang autoimun yang juga memuat tentang Lupus ini menjelaskan bahwa penyakit lupus adalah   suatu penyakit rematik autoimun yang dapat menyerang organ di seluruh tubuh.

Oleh penulis buku A to Z Penyakit Rematik Autoimun ini dijelaskan, gejala awal  seseorang terkena lupus ditandai dengan rasa nyeri pada persendian, dan diikuti dengan munculnya bercak kulit yang menahun.

Gejala lainnya adalah mulai terlihat ada rambut yang rontok dalam jumlah melebihi rontok pada umumnya, munculnya demam, dan juga sariawan berulang.

Bagaimana apabila Anda mulai menemukan gejala tersebut? Saran terbaik adalah segeralah berkonsultasi dengan konsultan reumatologi untuk mendapatkan diagnosis pasti.

Oleh dokter rematik atau konsultan reumatologi, Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah serta foto dada. Saran itu penting untuk mengetahui keterlibatan organ tertentu. Ingat, diagnosis dini sangatlah penting sebab keterlambatan pengobatan dapat berakibat fatal, misalnya terjadinya gagal ginjal atau gangguan  kesadaran karena lupus yang menyerang otak.

Penulis buku penyakit Lupus ini mengawali penjelasan tentang Lupus dengan menguraikan empat jenis penyakit lupus yang sering dia tangani di ruang praktiknya.

  1. Cutaneus Lupus: golongan penyakit ini lupus ini adalah jenis penyakit yang menyerang pada kulit. Secara medis sering disebut discoid lupus. Gejala pada pasien terlihat dengan timbulnya bercak kemerahan pada wajah dan bagian tubuh lainnya.
  2. SLE: penyakit lupus golongan ini dapat menyerang seluruh organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, bahkan organ otak.
  3. Drug Induced Lupus (DIL): Lupus yang timbul karena menggunakan obat- obatan tertentu. Setelah pemakaian dihentikan, umumnya gejala akan hilang
  4. Neonatal dan Pediatric Lupus: jika And abertanya apakah lupus dapat menyerang anak-anak? Maka, jenis keempat ini adalah lupus yang menyerang anak-anak.
buku penyakit lupus
buku penyakit lupus

Lebih jauh buku tentang Lupus ini juga mengajak pembacanya untuk melihat fakta-fakta tentang penyakit lupus. Informasi ini menjadi penting agar Anda dapat menjaga diri dari penyakit ini serta menjauhkan diri dari berita-berita hoax mengenai lupus.

Pertama, Lupus adalah penyakit yang menyerang wanita. Perbandingan perempuan dan pria yang terkena Lupus adalah 9:1, rekor memang dipegang oleh para perempuan usia muda.

Kedua, apakah Lupus adalah penyakit Keturuan? Ya, ditambah faktor lingkungan.  Faktanya, memang Lupus datang pada seseorang yang memiliki kecenderungan genetis, faktor keturunan, dan karena paparan lingkungan.

Ketiga,  orang dengan penyakit lupus disimbolkan dengan bentuk kupu-kupu.  Hal ini disebabkan penyandang penyakit tersebut pada umumnya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi.

Keempat, Lupus bukan penyakit langka. faktanya, 1,5 juta orang Amerika adalah orang dengan penyakit lupus. Kalau penyakit ini kurang populer, jangan tanyakan ke saya 😀

Kelima, lupus adalah penyakit dengan seribu wajah. Dijelaskan oleh dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD-KR  penulis buku penyakit lupus ini, bahwa gejala tiap orang dengan penaykit lupus akan berbeda-beda.

Keenam, menegakkan diagnosis lupus tidak mudah. Ya seperti disebutkan dalam fakta kelima, lupus muncul dengan gejala yang berbeda-beda tiap orang. Bersabarlah, bila diagnosis seringkali membutuhkan tes beragam oleh dokter ahlinya. Dokter yang tidak cermat dapat menarik kesimpulan yang salah sebab gejalanya seringkali mirip dengan penyakit lainnya.

Ketujuh, apakah lupus dapat disembuhkan? Tidak. Inilah fakta yang membuat banyak orang dengan lupus menjadi depresi. Mereka akan membawa penyakit ini seumur hidup mereka. Namun demikian dokter tetap akan memberikan obat untuk membuat Odapus dapat hidup normal .

Nah, itu sekelumit poin-poin di dalam buku tulisan dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD-KR tentang penyakit lupus.

Anda dapat membeli buku tentang penyakit lupus ini di toko buku terdekat atau secara online. Bila Anda mengalami kesulitan dan ingin memperoleh secara cepat, saya siap membantu.

Pesan buku  A to Z Penyakit Rematik Autoimun tulisan dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD-KR melalui WhatsApp saya di 0815-990-4562 dengan pesan:

“Order Buku Autoimun – [nama] [alamat kirim] [nomor telepon]”

Harga buku Rp62.800 dan spesial untuk Anda free ongkir (maksimal Rp10.000)