Dimana Buku Anak Bagus?

Judul: Di Mana Adik?

Penulis: Fransisca Emilia

Ilustrator: Vincentia Valentine

Penerbit: PT. Penerbitan Pelangi Indonesia

Terbit Pertama Kali: 2017

Hai hai … sini aku kasih tunjuk buku bagus!

Kali ini, bukunya spesial buku anak. Enggak dijelaskan sih, ini masuk kategori jenjang buku yang mana. Namun, dari jumlah kata dan kalimat per halaman, tampaknya ini buku untuk pemula banget.

Buku Di Mana Adikku bukan sembarang buku cerita anak, lho. Buku ini dikembangkan oleh Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) melalui kerja sama dengan Room to Read Accelerator yang menyediakan bantuan teknis dalam pengembangan literasi anak dan pendidikan anak perempuan.

YLAI sendiri berbasis di Bali dan bertujuan untuk mempromosikan keaksaraan melalui penerbitan buku anak berkualitas yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Terjamin dong, buku ini layak banget untuk dibaca oleh orangtua maupun dibacakan untuk adik-adik imut kita. Apalagi penulisnya adalah Mbak Fransisca Emilia. Ini mah penulis yang langganan menang di berbagai kompetisi menulis cerita anak. Ssst … saya udah berfoto bareng sama Mbak ini, hahaha!

Ilustrasinya gimana? Gemesin! 

Gambar-gambar dibuat full page berhubung minim banget teksnya. So, gambar udah bicara banget. Dibuat dengan detail yang amat bagus dan kartunis. Pokoknya, dari warna kulit si tokoh, bentuk makanan, alam lingkungan, hingga rumah, dan buah-buahan dibuat amat natural. Terbayang kan, Kak Vincentia Valentine yang lulusan ITB sampai berapa kali busek-busek revisi gambar, wkwkwk!

Yuk kita cek isinya … eh, nanti dikira spill dong? Aku bocorin dikit ya.

Cerita udah langsung duaaar, dibuka dengan pengenalan tokoh si bocah yang lasak bikin Ibu enggak tenang. Nah, Si Kakak dong … diminta Ibu untuk mengajak adik ini main ke tempat jauh. Eh, adiknya malah hilang! Nah lho!

Pintarnya Mbak Fransisca Emilia, dia bisa menyisipkan lingkungan lokal di dalam cerita. Entah itu satwa, makanan, dan peralatan uniknya. Asal kamu tahu, kisah ini menggunakan setting cerita masyarakat pedalaman suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Timur. Mereka memang suku yang menyatu dengan alam banget.

Pinisirin untuk tahu cerita lengkapnya?

Cari aja di toko buku atau perpustakaan ya. Kamu wajib banget untuk baca buku ini apalagi kalau kamu mendaku sebagai penulis cerita anak dan ilustrator buku anak. Yuk ah ….

**Resensi oleh Anang YB  

Silakan Berpendapat

Data Anda kami jamin Aman *wajib diisi