Membuat Novel Based On True Story

Pernah terpikir bekerja menjadi seorang pemberi jasa penulisan biografi?

Friends, bagi seorang penulis biografi, hal yang lumayan sulit adalah pada cara menghadirkan kejujuran dalam tulisannya. Butuh keberanian yang besar untuk menampilkan sebuah kejujuran dalam tulisan yang akan dibaca oleh khalayak umum. Hal berikutnya adalah bagaimana tulisan itu dapat memberikan manfaat untuk orang lain yang membacanya.

foto: pixabay.com

Akan lebih menarik jika tulisan Anda membuat orang lain tersentuh dan mengambil hikmah dari tulisan Anda.

Hal itu juga penting ketika Anda berniat membuat novel berdasarkan kisah nyata, masalah yang sering muncul adalah pembaca terjebak dalam curhatan yang justru memakan korban. Hal tersebut karena pembaca tidak menerima hikmah dari ceritanya tetapi malah jadi ikut baper.

Banyak cara yang bisa dilakukan penulis biografi agar tulisannya lebih bermanfaat yaitu mengikuti contoh-contoh tulisan biografi sebelumnya. Meskipun, tidak serta merta Anda bisa dengan mudah mempraktikkannya karena ada rasa dalam tulisan yang membedakannya. Gunakanlah metode penulisan yang Anda anggap mudah dan nyaman, sehingga Anda bisa menulis dengan baik.

 

Langkah dalam Membuat Novel Based On True Story

Agar lebih menarik pilih salah satu dari banyaknya peristiwa-peristiwa yang dianggap paling berkesan. Buatlah daftar peristiwa-peristiwa yang berkesan menurut Anda jika kesulitan. Kemudian pilihlah dari kumpulan peristiwa tersebut yang paling berkesan.

Ada kemungkinan ada kesulitan ketika Anda ingin membuat daftar peristiwa yang terjadi pada kehidupan sang tokoh. Hal tersebut disebabkan karena bisa jadi kehidupan sang tokoh berjalan biasa saja, tidak ada konflik yang berarti, dan mungkin situasi mood-nya sedang tidak bersahabat.

Buat Poin dalam Penulisan

Poin yang ada berisi harapan, rintangan, dan ikhtiar atau usaha yang dilakukan oleh sang tokoh. Seorang penulis biografi harus memerhatikan komposisi tulisan.

Dalam penulisan novel yang berdasarkan kisah nyata harus memberikan sentuhan khusus dengan memasukkan unsur-unsur yang bisa membuat cerita menjadi menarik untuk dibaca oleh orang lain. Unsurnya itu bisa berupa rintangan, harapan, dan usaha untuk mewujudkan harapannya.

Untuk memudahkan Anda dalam menulis sebaiknya gunakan poin-poin terlebih dahulu kemudian baru dikembangkan dan diletakkan di bagian cerita yang mana. Karena penulis novel based on true story harus mampu menunjukkan tujuan yang ingin dicapai tokoh. Kemudian memunculkan rintangan atau hambatan yang akan dilalui sang tokoh yang bisa menjadi puncak dari konfliknya dan diiringi dengan langkah tokoh dalam mengatasi rintangan tersebut.

Paling nyaman, urutkan jehidupan tokoh Anda berdasarkan timeline. Anda dapat menulis sebelum si tokoh lahir. Gali kisah-kisah mengenai orangtua dia, kota tempat dia dilahirkan dan kondisi kehidupan masa itu.

Lantas, masuklah ke dalam masa-masa dia dilahirkan. Sebagai seorang pemberi jasa penulisan biografi, Anda harus jeli untuk melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain. Kaitkan kejadian-kejadian kecil di sekitarnya dengan sosok ini.

Berikutnya, kisah dapat Anda lanjutkan dengan masuk ke masa remaja, dewasa, dan masa-masa pernikahan dia.

Mulailah Dengan Menulis dan Diakhiri Dengan Editing

Oh ya, penulis sering kali terlambat dalam menyelesaikan tugasnya karena belum selesai menulis tetapi sudah melakukan editing. Misalkan ketika baru menuliskan satu paragraf, penulis membaca ulang tulisan tersebut dan memperbaiki typo-nya. Hal ini akan memperlambat pengerjaan naskah dan menghilangkan konsentrasi.

Jika sudah selesai menulis barulah dicek dan memperbaiki typo-nya. Kemudian diakhir cerita tuliskan hikmah yang bisa diambil pembaca dari tulisan kita. Karena daya interpretasi dan persepsi orang tentang cerita yang ditulis bisa berbeda-beda. Dengan adanya hikmah yang kita tuliskan sebagai penulis biografi akan meminimalisir perbedaan interpretasi dari pembaca.