Jasa Ghostwriter Buku Bisnis

Minggu ini saya lagi suntuk … eh, maksudnya sedang “khusyuk” menyunting draft karya seorang leader MLM. Ini naskah yang fokus pada penciptaan goal setting calon entrepreneur.

Apakah susah membuat naskah buku tema seperti itu? Tentu saja tidak.

Pertama, tema goal setting adalah tema yang sangat banyak referensinya di perpustakaan rumah saya maupun di toko buku. Buku-buku karya Napoleon Hill, John C. Maxwell, Jon Gordon, dll sudah saya baca berkali-kali dan selalu inspiratif untuk dijadikan kerangka pikir.

jasa ghostwriter di jakarta
jasa ghostwriter di jakarta

Kedua, goal setting sangat aplikatif untuk banyak target pembaca. Entah untuk para Entrepreneur, para remaja, pasangan muda, bahkan para pengusaha mapan.

Ketiga, goal setting dapat dijadikan bab khusus di dalam buku jenis self-help, buku motivasi, buku manajemen, bahkan buku bisnis.

Nah, asyiknya di situ. Sekali Anda kuasai serba-serbi soal goal setting, Anda pun dapat leluasa melayani klien jasa ghostwriter aneka tema dan aneka jenis buku.

Jasa Ghostwriter Buku Bisnis

Kalau tidak salah ingat, saya sudah memberikan jasa menulis naskah buku untuk leader MLM sebanyak tiga kali ini. Meski rada-rada mirip, setiap klien mempunyai sudut pandang yang tidak persis sama. Biasanya itu tergantung pada posisi mereka di dalam MLM itu. Klien pertama malah seorang owner MLM, klien kedua adalah eks leader MLM yang sudah berbisnis mandiri (tapi naskahnya ala MLM banget), dan yang sekarang praktisi MLM beneran.

Mengapa pelaku MLM membutuhkan buku atas nama mereka sendiri? Dan, mengapa mereka memerlukan jasa ghostwriter untuk menulis buku bisnis? Berikut ini hasil penerawangan saya mengulik motivasi mereka.

Pertama, seorang pembicara publik memerlukan buku yang merangkum materi mereka. Anda pun tahu, salah satu aktivitas penting seorang leader MLM adalah presentasi dan seminar. Entah dalam kelompok kecil saat melayani prospek calon member MLM maupun dalam event seminar besar. Buku menjadi material penting pengganti video dan catatan.

Kedua, leader MLM memerlukan personal branding. Buku adalah legacy atas branding mereka sebagai sosok yang kompeten di bidangnya. Wajarlah bila jasa ghostwriter buku bisnis digandeng untuk memastikan karya mereka berkualitas tinggi saat masuk pasar buku.

Ketiga, leader MLM memiliki pasar yang besar. Sekali seminar MLM, peserta yang datang bisa ratusan bahkan mendekati seribu orang. Dengan asumsi sebulan sekali mereka mengadakan event dengan kapasitas peserta sebesar itu, maka cetakan pertama sebuah buku yang biasanya 2000 eksemplar mudah sekali diserap oleh target market.

Keempat, keuntungan finansial dari penjualan buku sudah tergambar sejak awal. Dengan asumsi sebuah buku memberikan royalty sebesar 10% ditambah diskon dari pembelian langsung ke penerbit sebesar 20% (bahkan lebih) maka sudah terkalkulasi bahwa si leader MLM akan menangguk untung 30% dari harga bandrol buku. Taruhlah buku dijual 100 ribu rupiah, maka satu buku memberikan keuntungan sebesar 30 ribu rupiah. Jika buku itu dicetak (hanya) 2000 eksemplar maka angka 60 juta rupiah sudah terbayang masuk rekening. Belum lagi ketika buku itu cetak ulang berkali-kali.

Kelima, jasa ghostwriter penulisan buku bisnis nyaris seolah tanpa biaya. Saat ini tarif jasa ghostwriter untuk buku bisnis berkisar di angka 20 juta hingga 40 juta rupiah per naskah. Dengan asumsi seperti poin keempat di atas maka melalui cetakan pertama saja biaya jasa ghostwriter sudah tertutup tanpa banyak keluar modal.

jasa ghostwriter buku jakarta
jasa penulisan buku bisnis

Keenam, pemberi jasa ghostwriter seperti tim Ghostwriter Indonesia memiliki pengalaman menulis tema-tema bisnis dari banyak tokoh bisnis dan pengusaha Indonesia. Referensi pun berlimpah di dalam perpustakaan kami. Itu sebabnya, klien kami hanya perlu bercerita melalui sesi-sesi wawancara dengan ghostwriter profesional. Proses itu memakan waktu sekitar dua bulan saja. Bayangkan bila si leader MLM harus menulis sendiri di tengah padatnya jadwal mereka.

Ketujuh, ghostwriter profesional memiliki relasi kuat dengan penerbit besar. Andalan tim Ghostwriter Indonesia adalah penerbit kelompok Gramedia. Mereka memiliki branding yang baik, jejaring dengan toko buku terluas di Indonesia, dan pengalaman menerbitkan, mempromosikan, dan memasarkan buku bisnis yang sudah teruji. Asyiknya, untuk jasa memasukkan naskah ke penerbit itu kami berikan free. Klien akan kami mediasi untuk mempresentasikan naskahnya di depan dewan redaksi penerbit dan negosiasi penerbitan dan pembelian buku mereka.

Nah, itulah gambaran menarik tentang menerbitkan buku bisnis melalui jasa Ghostwriter di Indonesia. Dalam banyak kasus, proses kerjasama kami dengan para pebisnis dan leader MLM dapat terjadi dalam berbagai pola di antaranya dengan jasa ghostwriting, co-writing, atau sekadar jasa editing untuk mengemas ulang draft tulisan mereka.

Tertarik untuk segera membuat buku bisnis bersama tim ghostwriter profesional? Boleh untuk berdiskusi dengan kami melalui WhatsApp di 0815-990-4562 ….