Jurus Laris dan Kaya Sebagai Blogger Berbayar

tip menjadi blogger berbayar
ghostwriter indonesia

oleh Anang YB

Sering mencari informasi melalui Google? Kalau iya bisa ditebak bahwa jawaban yang tampil sebagian besar itu berasal dari website yang berbentuk blog. Artinya blog itu adalah sumber pengetahuan yang terbaik secara online.

Persoalannya, apakah mereka yang membuat blog tidak mendapatkan penghasilan mengingat informasi yang kamu dapatkan itu gratis? Nah, fakta sebenarnya adalah pemilik blog tersebut mampu menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Hebat bukan?

Perlu diingat, untuk menjadi kaya dengan menjadi blogger tidaklah sulit namun hal yang pertama harus kamu ubah adalah mindset. Ya, mendapatkan ratusan juta perbulan itu didapat bukan dalam satu malam tapi bisa jadi enam bulan hingga satu tahun bahkan lebih.

Artinya apa? Dibutuhkan konsisten dan komitmen yang tinggi untuk membuat blog yang bisa menghasilkan uang. Jika pemikiran ini tidak ada di awal, sudah dipastikan dalam waktu seminggu saja kamu sudah bosan.

“Lantas, tips atau jurus apa yang harus kamu kerjakan untuk menjadi kaya dari blogger?”

1. Cari topik sesuai minat

Yang pertama adalah memilih topik itu harus tepat karena kalau salah maka blog yang kamu buat tidak akan pernah memberikan hasil.  Kamu bisa saja mengambil topik tentang minat kamu atau yang banyak diminati oleh banyak orang.

Kenapa sih harus sesuai minat? Karena membuat blog itu pasti berhubungan dengan pembuatan konten. Nah, agar ramai dikunjungi pembaca tentu kontennya harus menarik serta memberikan manfaat. Jadi, bayangkan jika kamu tidak mengerti sama sekali dengan topik blog atau jika pun paham, apakah menarik untuk dibaca?

Untuk mengetahui apakah kamu bisa menulis tema yang diinginkan, coba dulu deh apakah kamu bisa menulis 100 artikel tentang topik yang kamu bawa. Atau coba kamu pikirkan 40 judul artikel yang akan ditulis di website. Kemudian, bandingkan konten yang kamu buat sudah memberikan jawaban atas permasalahan atau malah tidak ada perbedaan dengan konten dari blog yang lebih populer tentang topik tersebut.

2. Membangun reputasi dengan berbagi manfaat

jasa ghostwriter di jakarta dan Yogyakarta

Langkah kedua adalah membangun reputasi. Caranya sederhana, kamu harus mencari tempat dimana banyak orang berkumpul membahas satu topik yang sama. Di sana, kamu memberikan solusi atas masalah yang diberikan oleh para member sekaligus mengenalkan blog kamu.

Cara ini cukup efektif dan tergolong cepat dibandingkan mengharapkan trafik dari mesin pencari. Pastikan, kamu mengikuti aturan yang ditetapkan setiap grup dimana kamu bergabung di situ.

3. Bantu memecahkan masalah para pembaca

menjadi blogger berbayar

Terus yang ketiga adalah menemukan permasalahan terbesar yang sedang dibahas oleh banyak orang.

Salah satu kelemahan dari blog baru itu adalah sulit untuk bersaing dengan blog-blog yang sudah lama. Nah, agar cepat dikenal dan mendatangkan pengunjung ada baiknya memilih topik yang membahas solusi dari permasalahan yang dialami oleh banyak orang.

Adapun jenis kontennya bisa kamu pilih apakah itu berupa panduan atau informasi. Yang penting keduanya bisa menyelesaikan permasalahan dari pembaca.

4. Promosikan blogmu

menjadi blogger berbayar

Terakhir, mempromosikan konten terbaik di blog kamu supaya mendapatkan pengunjung yang cukup banyak.

Langkah ini, mau tidak mau memang harus dilakukan agar blog kamu dikenal. Forum, sosial media hingga situs video bisa dijadikan media untuk promosi.

Ingat, bahwa konten sebagus apa pun yang kamu buat tidak akan pernah jadi terkenal atau populer kalau tidak kamu promosikan.

Sah-sah saja bila mengharapkan dari ranking di Google tapi kalau tidak juga mendapatkan peringkat pertama, ya sebaiknya kamu berusaha mempromosikan konten tersebut.

Sulit? Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa membuat blog yang bisa menghasilkan tidak semudah membalikkan tangan.

Artinya, di awal kamu akan melihat perkembangan yang tidak memuaskan namun seiring waktu pengunjung akan terus bertambah.

foto dari pixabay.com dan unsplash.com