Mengubah Karya Tulis Ilmiah Menjadi Buku Populer

cara menulis novel bestseller

cara mengubah karya tulis ilmiah menjadi buku populer

 

Untuk mengubah karya tulis ilmiah menjadi buku dengan bahasa yang lebih sederhana dan populer, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  1. Edit dan ringkas teks: Jika teks asli Anda terlalu panjang atau terlalu teknis, cobalah untuk mengedit dan menyederhanakannya. Hapus bagian yang tidak perlu atau tidak relevan, dan fokuskan pada poin utama yang ingin Anda sampaikan.
  2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami: Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam, bukan istilah teknis atau khusus yang hanya dipahami oleh orang-orang di bidang tertentu.
  3. Sertakan contoh dan ilustrasi: Gunakan contoh atau ilustrasi untuk membantu memperjelas pemahaman pembaca tentang materi yang Anda sampaikan.
  4. Sajikan informasi secara terstruktur: Sajikan informasi secara terstruktur dengan menggunakan subjudul dan paragraf yang jelas, sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.
  5. Gunakan bahasa yang menyenangkan: Gunakan bahasa yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk menarik minat pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formil atau sarkastis.
  6. Sertakan sumber: Jangan lupa untuk menyertakan sumber yang Anda gunakan dalam buku Anda, sehingga pembaca dapat mengecek keabsahan informasi yang Anda sampaikan.

Nah, proses mengubah karya tulis ilmiah menjadi buku populer disebut proses menyadur.

Ada beberapa saran penting untuk melakukan proses membuat buku populer dari karya ilmiah, yaitu pakailah gaya storytelling. 

Storytelling adalah teknik menyajikan informasi dengan menggunakan narasi seperti cerita yang terstruktur, dengan tokoh, latar belakang, konflik, dan resolusi. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat informasi lebih mudah dipahami dan lebih menyenangkan untuk dibaca.

Untuk menerapkan storytelling dalam buku nonfiksi, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  1. Pilih topik yang menarik dan memiliki potensi untuk diangkat menjadi cerita yang menyenangkan untuk dibaca. Topik yang terlalu teknis atau abstrak mungkin kurang cocok untuk ditulis dengan gaya storytelling.
  2. Buat outline cerita: Buat outline cerita yang menjelaskan alur cerita secara umum, termasuk inti cerita, latar belakang, konflik, dan resolusi. Ini akan membantu Anda mengelola materi dan menentukan struktur buku.
  3. Gunakan narasi: Gunakan narasi untuk menyajikan informasi dalam bentuk cerita yang menyenangkan untuk dibaca. Anda dapat menggunakan narasi dari sudut pandang orang pertama atau orang ketiga, tergantung pada apa yang paling sesuai dengan cerita yang ingin Anda sampaikan.
  4. Sajikan informasi secara terstruktur: Sajikan informasi secara terstruktur dengan menggunakan subjudul dan paragraf yang jelas, sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.
  5. Gunakan bahasa yang menyenangkan: Gunakan bahasa yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk menarik minat pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau sarkastis.
  6. Sertakan contoh dan ilustrasi: Gunakan contoh atau ilustrasi untuk membantu memperjelas pemahaman pembaca tentang materi yang Anda sampaikan.
  7. Jadikan informasi yang Anda sampaikan sebagai bagian dari cerita: Jadikan informasi yang Anda sampaikan sebagai bagian dari cerita yang Anda tulis, bukan sekadar fakta-fakta yang terpisah. Ini akan membuat buku Anda lebih menyenangkan untuk dibaca.

Nah selamat mencoba. Tidak sulit apalagi kalau karya tulis ilmiah yang diubah menjadi buku populer adalah karya Anda sendiri. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda di dalam menulis, Anda dapat mengontak kami untuk memberikan jasa menyadur. Kami akan membantu Anda membuat buku populer dari karya ilmiah Anda. Silakan klik jasa menyadur ini.