Menulis Biografi Orang Tua? Ini 5 Hal Buruk yang Wajib Dihindari

biografi tentang orang tua
Kisah hidup layak untuk dituliskan. Entah dalam bentuk tulisan biografi maupun memoar. Biografi adalah tulisan kisah hidup secara lengkap dari seorang tokoh sejak lahir hingga masa terkini saat buku diterbitkan. Sedangkan memoar adalah tulisan kisah hidup yang berfokus kepada satu fase kehidupan saja.
Biografi orang tua sangat layak untuk dituliskan sebab kisah hidup orang tua memuat banyak hikmat dan pelajaran yang baik untuk diwariskan. Nah, Jika Anda ingin menulis kisah hidup orang tua, silakan untuk membuatnya sesuai fakta.
Beberapa hal yang harus dihindari saat menulis biografi orang tua adalah:
  1. Menulis informasi yang tidak benar atau tidak dapat dipertanggungjawabkan

  2. Menyebutkan rahasia atau informasi pribadi yang tidak sesuai dengan izin

  3. Menyalahkan atau menyudutkan orang tua dalam biografi

  4. Menulis dengan sudut pandang yang tidak obyektif atau subjektif

  5. Menyebutkan informasi yang tidak relevan dengan biografi orang tua.

Sebaiknya selalu berkoordinasi dengan orang tua Anda sebelum menulis biografi mereka dan meminta persetujuan mereka untuk menulis tentang informasi yang akan Anda sertakan dalam biografi.

Bagaimana cara membuat biografi orang tua yang jujur dan tidak menyinggung perasaan?
Untuk membuat biografi orang tua yang jujur dan tidak menyinggung perasaan, beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:
  1. Bersikap obyektif: Jangan menyertakan opini pribadi atau pandangan subjektif dalam biografi, tetapkan fakta-fakta saja.
  2. Berkoordinasi dengan orang tua: Sebelum menulis biografi, pastikan untuk berkoordinasi dengan orang tua Anda dan meminta persetujuan mereka untuk menulis tentang informasi yang akan Anda sertakan dalam biografi.
  3. Jangan menyebutkan rahasia atau informasi pribadi: Jangan menyebutkan rahasia atau informasi pribadi yang tidak sesuai dengan izin orang tua Anda.
  4. Jangan menyalahkan atau menyudutkan orang tua: Jangan menyalahkan atau menyudutkan orang tua dalam biografi, tetapkan fakta saja.
  5. Fokus pada kontribusi yang positif: Fokus pada kontribusi positif yang diberikan oleh orang tua Anda dalam keluarga, masyarakat, dan/atau pekerjaan mereka.
  6. Jangan mengabaikan sisi negatif : Jangan mengabaikan sisi negatif, tapi pastikan untuk menyampaikan secara fair dan tidak menyudutkan.
  7. Revisi dan perbaiki : Setelah menulis, pastikan untuk melakukan revisi dan perbaikan terhadap biografi sebelum menerbitkan atau membagikan.

Selamat menulis biografi dan niscaya pasti akan bermanfaat. Jika saat ini Anda membutuhkan jasa menulis biografi profesional dengan tarif pantas, silakan untuk berkonsultasi dengan tim Ghostwriter Indonesia yang berpengalaman menulis biografi tokoh-tokoh nasional.