Panduan Menulis Biografi Singkat

Sebagai seorang pemberi jasa penulisan biografi, Anda harus tahu bagaimana cara menulis biografi dengan singkat. Sebuah biografi yang terlalu panjang seringkali membuat para pembaca merasa bosan. Berikut ini beberapa panduan menulis biografi singkat. Silakan praktikkan.

Journey To Find Happiness in HaloBCA
panduan dan contoh biografi

Awali dengan Persiapan Menulis Biografi

Mulailah dengan berdiskusi dengan tokoh yang ingin Anda buat buku biografinya. Biografi merupakan cermin diri dari tokoh. Anda harus menjelaskan keinginan Anda pada tokoh dan sebaliknya. Anda perlu mempersiapkan untuk bertemu dengan tokoh tersebut.

Saya sarankan Anda juga melakukan riset pustaka tentang kehidupan dan prestasi si tokoh. Semakin terkenal tokoh tersebut, semakin banyak juga referensi yang akan peroleh termasuk dari media digital.

Mulailah Membuat Daftar Profil Diri dari Tokoh

Mulailah kumpulkan riwayat keluarga, riwayat pendidikan, riwayat profesi, riwayat bisnis, karya-karya tulisnya, dan lain-lain yang berkaitan dengan tokoh. Pada tahap ini, Anda sebagai seorang penulis biografi bisa jadi belum mendapatkan cerita banyak.

Anda dapat mencari informasi tokoh di dalam internet maupun datang langsung ke Pusat Informasi Kompas dimana berita Kompas sejak zaman belum ada komputer hingga detik hari ini disimpan dengan rapi. Carilah pada sumber-sumber yang valid dan terpercaya.

Mulailah Menyusun Outline

Mulailah membuat outline, dimulai dari masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa, dan hingga sampai kini. Pada tahap ini, Anda dapat menuliskan kisah apa yang Anda dapatkan melalui wawancara, riset pustaka, maupun Googling.

Outline merupakan gambaran dari bab demi bab, akan tapi bukan bab sebenarnya. Di dalam menyusun outline, Anda perlu memasukkan unsur plot, tokoh-tokoh, konflik, bahkan setting dari cerita Anda sebagai penulis biografi.

Mulailah melakukan Wawancara atau Mengambil Data

Mulailah mengatur jadwal wawancara dan mengambil data oleh tokoh. Pada tahap ini, memakan waktu yang lama dan melelahkan. Terkadang tokoh buku biografi merupakan sosok yang ramah, sabar, tekun, dan santun pada penulis biografi. Namun, dapat pula sebaliknya.

Mulailah mentranskrip hasil wawancara

Pada tahap ini, Anda sebagai seorang pemberi jasa penulisan biografi sudah dapat menulis keseluruhan cerita dengan melihat outline maupun hasil wawancara dan pengambilan data. Anda dapat menjadikan outline sebagai kerangka. Dari sini kisah-kisah yang Anda dapatkan dapat dimasukkan sesuai dengan topiknya.

Apabila terdapat kisah yang belum didapatkan, Anda dapat melakukan wawancara ulang maupun mencari data kembali. Anda juga dapat mencari ke perpustakaan kembali, serta melacak buku yang relevan dengan tokoh.

Setelah selesai, Klien Membaca, dan Lakukanlah Revisi

Apabila klien sudah membacanya, akan ada yang dia ingin ubah atau susun ulang. Mungkin pula ada juga yang menurut Anda terdapat bagian yang loncat atau tidak karuan, maka pada tahap ini, Anda dapat melakukan revisi kisah di dalam buku biografi yang Anda tulis.

Terkadang, Anda sebagai si pemberi jasa penulisan biografi dapat mengubah pula kisah naratif menjadi dialog langsung supaya tidak membosankan. Terkadang pula, di dalam buku biografi tersebut, Anda carikan tokoh lain yang riil tapi belum muncul di dalamnya. Tujuannya supaya kisah tersebut memiliki alur yang baik.

Sunting Akhir Penulisan Buku

Mulailah melakukan penyuntingan pada setiap paragraf. Dapat Anda mulai dengan membaca kembali nama-nama tokoh supaya tidak ada yang salah eja. Teliti kembali bagian tahun maupun lokasi dari kisah si tokoh. Buanglah kalimat-kalimat tidak efektif dan membosankan. Terakhir, teliti kembali salah ketik maupun typo yang akan mempengaruhi tulisan Anda sebagai penulis biografi.

Tentukan Jasa Publikasi Buku

Tahap terakhir yaitu publikasi. Pada tahap ini, Anda mulai menghubungi editor dari penerbit mapan di Jakarta. Anda pun harus terlebih dahulu mendapat izin untuk melakukan publikasi dari buku biografi tokoh tersebut. Setelah itu, Anda harus berusaha supaya buku Anda telah mendapat jasa publikasi dan melakukan percetakan hingga akhirnya dapat masuk dalam toko-toko buku kesayangan Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda sebagai pemberi jasa penulisan biografi dapat menyarankan juga agar klien menerbitkan sendiri bukunya. Hal ini lumrah saja sebab beberapa klien buku biografi seringkali tidak ingin kisahnya tersebar luas.

Demikian panduan menulis biografi singkat yang wajib dipahami oleh Anda sebagai penulis biografi berkualitas.