Perceraian Gading Marten di Mata Penulis Biografi

Bersatu kita teduh, bercerai kita gaduh ….

Gading Marten yang artis itu mendapat gugatan cerai dari Giselle istrinya yang super cantik. Dan, netizen pun gaduh segaduh-gaduhnya. Seolah para netizen sudah bebas finansial dan selooow banget hidupnya.

jasa penulisan biografi
jasa penulisan biografi

Perceraian memang asyik untuk diulik. Apalagi, kalau Anda adalah seorang (calon) penulis biografi yang butuh drama-drama penguras emosi pembaca. Bahkan, dalam sebuah buku biografi, sang penulis biografi dapat membuat kisah itu panjang kali lebar kali tinggi. Banyak sudut cerita dapat dipakai di dalamnya.

Ketika saya memandu Mas Drg Maruli Togatorop dalam mentoring menulis autobiografi, fragmen perceraian beliau saya dorong untuk diungkap. Apa dan kenapanya. Tidak perlu detail soal siapanya–untuk menghargai privasi pihak lain.

Hasilnya, buku DOKTER KENA HIV beliau yang akan meluncur sebentar lagi pada hari AIDS Sedunia 1 Desember 2018 tampak lebih manusiawi. Tidak melulu bicara soal HIV yang menjadi inti dari dramatisnya kehidupan dokter gigi yang berpraktik di Merauke ini. [sst .. kalian udah preorder belum? Buruan colek Drg Maruli Togatorop karena bukunya cuma dicetak 300 biji]

Kisah artis bercerai juga sedang saya garap biografinya. Seorang pria gagah yang menampilkan celana jeans dan sneakers mahalnya sebagai produk yang dia endors. Di luar serunya kisah-kisah suksesnya sebagai artis, saya sematkan problema hidup dia. Sebuah buku biografi artis yang juga menyorot konflik keluarga dan tentu saja soal … perceraian.

Ternyata, beda lumayan banyak sudut pandang si artis pria ini soal kejadian perceraiannya dibandingkan dengan hasil wawancara saya dengan mantan istrinya. Di situ saya lumayan puyeng karena harus merombak naskah, hahaha …..

Ya, drama kehidupan. Susah dan senang. Kawin dan cerai adalah pembentuk kisah di dalam banyak buku biografi. Kita lah para penulis biografi sebagai dalangnya. Merekalah para narasumber kita sebagai pelakon nyata dari drama-drama itu.

Perlu kecerdikan dan mungkin secul “kelicikan” dari penulis biografi agar kisah perceraian tak sekadar tampak gaduhnya, tak dilihat sekadar sebagai perkawinan yang runtuh. Di situlah profesionalitas pemberi jasa penulisan biografi diuji dan diukur levelnya.

Itulah hal yang saya senangi. Mengulik hikmat unik dari serpihan kehidupan yang tampak sebagai pernak-pernik. Sejauh ini, saya selalu menggali hal positif dari setiap pergulatan tokoh-tokoh yang kisah hidup mereka saya buat menjadi buku biografi. Selalu seru untuk memberikan jasa penulisan biografi. Saya menjadi semakin kaya dengan kumpulan hikmat kehidupan.

=====
*mau jadi penulis biografi? Yuk saya tuntun langkah demi langkah. Kelas saya buka 12 dan 13 Desember 2018 secara online di grup Facebook. Ini cara Anda untuk naik level dan mendapat income besar dari profesi penulis biografi. Investasi Rp500 ribu untuk potensi penghasilan puluhan juta PER NASKAH. Langsung WA 081380001149 aja untuk mendaftar. Soalnya hanya untuk 20 orang saja. Kelas kuliah online menulis biografi untuk pemula ini selalu penuh.