Tips Menjadi Penulis Profesional

jasa penulis artikel web
jasa penulis artikel web

Kadang kita perlu pause

Salah satu siswa kelas digital saya super sibuk. Bahkan, meski kelas dilaksanakan malam hari, dia masih kesulitan untuk mengikutinya. Alhasil dia menyimak sambil lalu sembari menyetir mobil.

Ketika tiba sesi tanya jawab, dia terpaksa meminggirkan mobilnya atau menunggu ada di lampu merah. Sayangnya, beberapa kali dia sudah berhasil menepi, namun waktu untuk bertanya terlanjur habis.

Dalam mentoring menulis semacam ini pun demikian. Saya menyediakan sesi chat online seminggu sekali. “Cuma” seminggu sekali tapi ada saja siswa mentoring yang sulit untuk menepatinya.

Ya ….

Seringkali kita sudah menjadwalkan waktu untuk berproses. Namun kesibukan sering banget menjadi “pengganggu”.

Lantas bagaimana solusinya? Sebab, ada saja satu dua siswa yang akhirnya angkat tangan. Tak mampu memenuhi tugas dan tenggat waktu.

Solusinya adalah PAUSE.

PAUSE dari kesibukan tanpa tepi. Saya menyebutnya “puting beliung” rutinitas. Kalau dituruti, puting beliung akan ada terus dan akan jadi pembenaran mengapa naskah tak kunjung selesai.

Pause artinya Anda menyingkir dari kesibukan. Memang Anda niatkan untuk break sejenak. sejam dua jam sehari cukup. Lebih bagus bila lebih.Banyak caranya. Mengurangi chatting adalah cara termudah. Mengganti waktu chatting dengan kegiatan menulis.

*Cara lain, buat rutinitas baru. Seperti misalnya menulis sebelum tidur atau saat subuh. Ingat, nulis tak harus pegang komputer. Anda dapat memakai kertas atau voice recorder di hape.

PAUSE menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan. Yang tidak mungkin adalah menulis sambil menyetir, sambil meeting, mengajar, memasak dan semacamnya. Kalau sambil menemani anak? Tampaknya bisa ya dikit-dikit menulis.

Nah, Anda mau pause sejenak dari puting beliung kesibukan untuk menambah ilmu. Syaratnya: Anda jadwalkan dan sediakan waktu khusus untuk mengikuti kelas saya. Jangan disambi-sambi.

Ada beberapa kelas favorit salah satunya adalah kelas PANDUAN MENJADI PENULIS PROFESIONAL. Yuk lihat dulu aja silabusnya di sini >> https://penulisbuku.com/kelaspenpro/

Sudah ratusan penulis mengikuti kelas favorit ini.